Misa KBG Katedral, Program Yang Baik

Misa di setiap Komunitas Basis Gerejawi atau KBG di Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng yang dilaksanakan dua kali setahun, mendapat apresiasi positif dari umat. Seperti diketahui, sejak Maret 2014 silam DPP Katedral memutuskan pelaksanaan misa di setiap KBG jelang perayaan Natal dan Paskah.

Misa KBG di Nekang 1 A | Foto: Dok. DPP

Misa KBG di Nekang 1 A | Foto: Dok. DPP

Selain sebagai kunjungan pastoral, kegiatan Misa KBG Katedral Ruteng juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan paroki. “Kita mau, dengan kegiatan ini umat semakin mendapatkan banyak informasi tentang Katedral dan dengannya dapat meningkatkan partisipasi umat dalam kehidupan menggereja,” jelas Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran.

Sejak penyelenggaraan pertama sampai pada masa Prapaskah tahun ini, telah tiga kali dilaksanakan Misa KBG. 89 KBG di 13 Wilayah Paroki Katedral Ruteng dilayani oleh lebih dari sepuluh orang Imam. “Untuk prapaskah kali ini, ada sepuluh Imam yang melayani setiap hari mulai tanggal 9 Maret sampai 19 Maret, kecuali hari Sabtu dan Minggu,” kata Sekretaris DPP Katedral Ruteng Shinta Aldina. Ditambahkannya, seperti dua pelaksanaan sebelumnya, Misa KBG kali ini juga diawali dengan ibadat tobat dan pengakuan pribadi. Selanjutnya pada perayaan ekaristi dilakukan sosialisasi kebijakan paroki oleh pendamping Imam dan setelah misa dilanjutkan dengan dialog bersama umat.

Program yang baik

Rm. Ompy Lasma Latu, Pr, salah seorang Imam yang melayani kegiatan Misa KBG Katedral mengatakan pola pelayanan yang dilakukan oleh Paroki Katedral Ruteng adalah hal yang baik. “Misa KBG ini program yang baik. Saya sudah sampaikan ke Keuskupan, agar pola ini dipertimbangkan untuk dipakai oleh semua Paroki terutama paroki-paroki dalam kota Ruteng,” kata Ketua Seksi Liturgi Keuskupan Ruteng ini.

Ditambahkannya, selain bahwa semakin banyak umat yang menerima sakramen pengakuan sebelum perayaan Natal dan Paskah, dalam kegiatan ini umat bisa berdialog dan berinteraksi langsung dengan Dewan Pastoral Paroki. “Dengan demikian, umat menjadi tahu perkembangan gerejanya,” jelas Rm. Ompy yang menganggap kehadiran banyak umat di setiap Misa KBG adalah wujud nyata dari musim semi iman di Katedral Ruteng. Hal serupa juga disampaikan oleh umat yang mengucapkan terima kasih atas program yang baik ini sehingga mereka dapat menerima sakramen pengakuan dan berdialog dengan DPP Katedral Ruteng.

Pada Misa KBG Prapaskah tahun ini, beberapa materi yang disosialisasikan pada umat adalah tentang rencana pemilihan pengurus DPP yang baru serta pola pengamanan dan pengaturan umat dalam setiap misa di Katedral Ruteng yang melibatkan KBG. Selain itu, umat juga diminta untuk terus berpartisipasi dalam iuran paroki mandiri serta kelanjutan pembangunan aula Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *