Misa Pendidikan di Katedral Ruteng Jelang UN 2013

Lebih dari 1.200 calon peserta Ujian Nasional dari tujuh SMA dan SMK di Paroki St. Maria Assumpta St. Yosef Katedral Ruteng mengikuti Misa Pendidikan sebagai persiapan dan peneguhan jelang Ujian Nasional di Gereja Katedral Ruteng, Senin (8/4). Misa yang dipimpin oleh Rm. Beben Gaguk, Pr bersama Rm. Andy Latu Batara, Pr dan Rm. Emil Jehadus, Pr  ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan DPP Katedral Ruteng. 
Kadis PPO Manggarai berikan Renungan Pendidikan (foto: Armin Bell)

Ketua seksi pendidikan DPP Katedral Ruteng Siprianus Bos mengungkapkan, Misa tersebut dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dari DPP Katedral Ruteng agar peserta UN di paroki ini bisa mengikuti ujian dengan baik. “Misa ini adalah bagian dari perhatian DPP, setelah sebelumnya juga melaksanakan pendampingan mental dan pelatihan meditasi visualisasi kepada calon peserta UN di aula Assumpta beberapa waktu yang lalu. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu agar siswa-siswi memiliki kesiapan mental dan bathin dalam mengikuti Ujian Nasional tanggal 15 April mendatang” tuturnya. Perayaan ekaristi tersebut juga dihadiri oleh beberapa Kepala Sekolah dan guru pendamping serta Kepada Dinas PPO Kabubaten Manggarai Drs. Rafael Paseli Ogur.
Sipri Bos, Ketua Seksi Pendidikan DPP Katedral
Pada kesempatan tersebut, Rafael Ogur memberikan renungan pendidikan –sebagai pengganti homili-. Ogur menekankan pentingnya usaha dan kerja keras untuk mencapai keberhasilan. “Keberhasilan, dapat diraih melalui usaha dan kerja keras. Anak-anakku sekalian harus berusaha maksimal, sehingga bisa berhasil dalam Ujian Nasional,” tuturnya.
Lanjutnya, “Tanggal 15 April mendatang adalah hari pembuktian atas usaha dan kerja keras yang telah anak-anak lalukan selama ini. Gunakan waktu sisa sebelum ujian nasional dengan baik, terutama agar memperoleh ketenangan bathin.” Kepala Dinas PPO Manggarai ini juga mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru-guru yang telah bekerja maksimal dalam mendampingi para peserta didik. Ogur memberikan apresiasi atas perhatian dari DPP Katedral Ruteng pada siswa-siwi di paroki ini.
Sementara itu, Romo Beben Gaguk, Pr mengatakan, Perayaan ekaristi tersebut bertepatan dengan Hari Raya Kabar Sukacita, mengenang Maria menerima kabar dari Malaikat Tuhan. Karenanya, teladan Maria sebaiknya dipakai oleh para peserta ujian terutama jawaban: Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu. “Kita harus berpasrah dan menyerahkan seluruh usaha kita agar diberkati Tuhan,” tuturnya.
Pastor Kapelan di Paroki Katedral Ruteng ini juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala Dinas PPO, serta guru dan kepala sekolah pada perayaan ini. “Atas nama pastor paroki, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rafael yang berkenan memberikan peneguhan kepada para peserta Ujian Nasional di paroki Katedral Ruteng. Terima kasih juga kepada guru dan kepala sekolah yang sempat hadir. Dan kepada SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng yang menjadi penanggungjawab liturgi pada perayaan ini,” ungkapnya. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *