Natal di Katedral Ruteng 2014

Perayaan Natal di Katedral Ruteng tahun 2014 ini berlangsung meriah. Tenda besar yang dibangun di pelataran barat Gereja Katedral Ruteng selalu terisi penuh oleh umat yang tidak mendapat tempat di dalam gereja. “Ada 1.050 kursi tambahan yang kita siapkan dan selalu penuh selama empat kali misa,” jelas Ferdinandus Sampur anggota tim kerja Natal dan Tahun Baru 2014.

natal di katedral ruteng 2014

Malam Natal di Katedral Ruteng – 2014 | Foto: Kaka Ited

Misa Natal di Katedral Ruteng tahun ini dilaksanakan empat kali, yakni dua kali pada malam Natal (24/12) dan dua kali pada Hari Raya Natal (25/12). Misa pertama dimulai jam 18.00 Wita, dipimpin oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri, Pr dengan penanggung liturgi Wilayah IV. Sedangkan misa kedua dipimpin oleh Pastor Kapelan Katedral Ruteng, Rm. Beben Gaguk, Pr. Pada misa yang dimulai jam 21.00 Wita tersebut, Rm. Beben memberi ilustrasi menarik tentang Yesus yang menjadi manusia agar umat manusia mengikuti teladannya menuju keselamatan. OMK Lumen Gratiae menjadi penanggungjawab liturgi pada perayaan tersebut.

Di Hari Raya Natal 25 Desember 2014, umat juga terlihat memenuhi Gereja Katedral Ruteng serta tenda yang telah disiapkan. Misa pertama jam 06.00 Wita dipimpin oleh P. James Rick, SDV dengan petugas liturgi dari wilayah II. Sedangkan misa kedua dipimpin oleh Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng didampingi oleh Pastor Paroki dan Pastor Kapelan Katedral Ruteng. Liturgi ditanggung oleh wilayah VIII dan IX.

Iman adalah kerja

Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng dalam kotbahnya mengingatkan tentang pentingnya bekerja sebagai wujud nyata dari iman. Menurutnya, sedikit bicara banyak bekerja adalah sikap hidup yang benar. “Hanya berkata-kata tidak akan menghasilkan apa-apa,” kata Uskup Hubert. Tambahnya, “Untuk menghasilkan sesuatu dalam hidup kita harus bekerja.” Semangat Natal menurut Uskup harus diwujudkan dalam kerja yang nyata dan karenanya hendaknya dimulai dari kehidupan dalam keluarga.

Secara keseluruhan, Natal di Katedral Ruteng tahun 2014 ini berlangsung sukses. Tim kerja Natal dan Tahun Baru 2014 juga melaksanakan rangkaian kegiatan lain dalam rangka memeriahkan Natal di paroki ini, termasuk foto bersama santa dan bazaar natal pada tanggal 25 dan 26 Desember 2014. Kegiatan bazaar dilaksanakan di aula baru Katedral Ruteng dan diisi oleh pentasan dari musisi-musisi Ruteng seperti Pompy Pojus, Acik Chikko, No Riberu, Nano Edon, Eltin Damon, Prizca Reza dan lain-lain. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *