OMK LG Weekend di Wae Lengkas

Sabtu sampai Minggu, 4 – 5 Juli 2015, sekitar 50 anggota kelompok kategorial Orang Muda Katolik OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng mengikuti kegiatan Weekend OMK. Weekend OMK adalah agenda tahunan, dan pada tahun 2015 ini dilaksanakan di rumah retret Wae Lengkas.

OMK LG Weekend di Wae Lengkas

OMK LG Katedral Ruteng

Moderator OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng, RD Lian Angkur, Pr mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua tujuan besar. “Pertama kita mau menjaring anggota baru dan kedua agar keakraban antar anggota semakin terjalin. Dengan demikian, OMK LG akan semakin hidup dan mempunyai agenda kegiatan yang jelas di waktu-waktu mendatang,” tuturnya. Untuk tujuan pertama, terbukti lebih dari duapuluh anggota baru ikut terlibat dalam kegiatan Weekend tersebut. Bersama anggota yang telah lama bergabung mereka mengikuti beberapa sesi kegiatan.

Ketua OMK Lumen Gratiae Adeng Krowa menjelaskan jenis kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Weekend tersebut. “Kita sama-sama berangkat dari Paroki Katedral jam setengah 3 sore hari Sabtu dan setibanya di Wae Lengkas langsung bergabung dalam sesi perkenalan dan dinamika kelompok. Sesi ini dibawakan oleh kakak-kakak yang selama ini selalu bersama teman-teman OMK dalam setiap kegiatan yakni Armin Bell, Febry Djenadut dan Erick Ujack Demang,” jelas Adeng yang pada tahun 2012 silam mengikuti Indonesian Youth Day di Sanggau Kalimantan Barat.

Buka tautan aneka kegiatan OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng

Setelahnya peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan menyiapkan diri untuk mengikuti materi yang disampaikan oleh Mas Anang, pemateri yang adalah umat Katedral Ruteng yang sebelumnya telah mendampingi PPA Lumen Gratiae dalam Weekend di Aula Assumpta. Dalam sesi setelah makan malam tersebut, Mas Anang menyampaikan hal-hal menarik seputar pengembangan kepribadian. “Kita mendapatkan poin-poin seputar pentingnya berpikir positif baik tentang orang lain dan terutama tentang diri sendiri,” papar Adeng. Kegiatan pada malam hari ditutup de-ngan api unggun setelah sebelumnya para peserta diajak melakukan meditasi dan adorasi.

Sementara itu pada hari Minggu, para peserta Weekend OMK mengawali kegiatan dengan berolahraga bersama. “Pagi kita olahraga di kompleks rumah retret setelah itu sarapan dan persiapan materi selanjutnya. Pada materi hari kedua, Mas Anang bicara tentang cinta,” tutur Rossy Fernandez, anggota OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng yang sebelumnya diutus mengikuti kegiatan Asian Youth Day 2014 di Korea Selatan. Setelahnya seluruh peserta mengikuti Kebangunan Rohani Katolik dan ditutup dengan perayaan ekaristi. Dalam kotbahnya, Romo Lian menyampaikan ucapan selamat bergabung kepada para anggota baru OMK Lumen Gratiae sekaligus berharap agar kehadiran para anggota baru memperkuat barisan kelompok kategorial ini. “Mewakili pastor paroki dan DPP Katedral, saya mengucapkan selamat bergabung. Juga terima kasih kepada para pendamping yang telah bersedia berbagi dengan OMK pada kegiatan Weekend ini,” kata Romo Lian. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *