OMK Lumen Gratiae Akan Pentas Tablo

Pada masa Prapaska tahun 2016 ini, orang-orang muda yang tergabung dalam kelompok kategorial Orang Muda Katolik OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng akan mementaskan drama kisah sengsara Yesus Kristus. Pentas Tablo ini akan disatukan dengan Ibadat Jalan Salib pada hari Jumat, 18 Maret 2016 pukul 15.00 Wita.

omk lumen gratiae akan pentas tablo

Adegan “Yesus Berjumpa dengan IbuNya | Foto: Dok. OMK

OMK Lumen Gratiae akan adakan jalan jalib hidup

Ketua OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng Adeng Krowa mengatakan kegiatan ini telah direncanakan sebelum masa prapaska. “Kita laksanakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk partisipasi OMK LG pada perayaan Paska tahun ini. Selain itu, juga sebagai sarana pengembangan minat dan bakat anggota OMK,” tutur Adeng. Ditambahkannya, pada pentas tablo atau jalan salib hidup kali ini, seluruh pemeran adalah orang-orang muda yang selama ini bergabung di OMK; naskahnya sesuai dengan kisah Passio.

Adapun pemeran Yesus pada tablo kali ini adalah Eno, dari kampung Maumere. Eno bermain dengan sangat baik sebagai tokoh Yesus, mulai dari adegan di Getsemani sampai pada drama penyaliban. Dia bermain sungguh-sungguh karena seluruh pentas dilakukan dengan serius. Adegan penyiksaan oleh para serdadu misalnya tidak asal sekedar gerak tetapi benar-benar penyesahan. Adegan penyaliban juga dilakukan dengan sungguh-sungguh. Pentasan ini disutradarai oleh Armin Bell yang sebelumnya bersama OMK Lumen Gratiae juga telah melaksanakan dua pentasan teater yakni “Rahasia Pengakuan” dan “Opera Wajah Pertiwi“. Tablo pada tahun ini akan memberi warna pada Paska di Ruteng, sama seperti pada Natal beberapa tahun silam ketika OMK Lumen Gratiae memproduksi sebuah film pendek “Sejoli Lilin Putih“.

Sementara itu, Moderator OMK Lumen Gratiae RD Lian Angkur mengatakan kegiatan seperti ini juga membantu pembentukan karakter orang muda. Menurut Romo Lian dengan bergabung pada kegiatan OMK, orang-orang muda dapat belajar mengenal dirinya sendiri dan orang lain. “Mereka bisa belajar mendengar dan menghargai orang lain, contohnya ketika diarahkan oleh pelatih atau sutradara,” jelas Romo Lian sesaat setelah mengikuti gladi bersih yang diadakan pada hari Selasa (15/3) kemarin.

Menurut Adeng Krowa, pada pentas kali ini properti dirancang dan disiapkan oleh Peik Paus yang selama ini selalu bersama OMK Lumen Gratiae dalam setiap kegiatan pentas seni. “Ada juga Om Nandes Sampur yang ikut membantu. Terima kasih juga untuk donatur yang sudah menyokong dana untuk persiapan pentasan ini,” jelasnya. Adeng berharap, umat Katedral dapat hadir dan menyaksikan kegiatan OMK yang telah disiapkan selama kurang lebih sebulan terakhir ini. “Jangan lupa nonton di pelataran Katedral hari Jumat, 18 Maret mulai jam 3 sore,” pungkas Adeng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *