Orang Muda Katolik Harus Militan

Berjuang menjadi 100 Persen Katolik, 100 Persen Indonesia

Menjadi Orang Muda Katolik berarti menjadi orang muda dengan semangat yang tinggi, untuk membangun gereja dan bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran, saat menyajikan materi pada kegiatan Weekend OMK Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng di Pondok SVD Sengari Reo pada hari Minggu (19/5) kemarin.

OMK LG mendengar materi dari Ketua DPP | Foto: Dok OMK

OMK LG mendengar materi dari Ketua DPP | Foto: Dok OMK

Di hadapan 40 anggota OMK, Erlan Yusran menyajikan tema Menjadi OMK yang Militan. “Mendengar kata militan atau militansi, yang langsung ada dalam pikiran saya adalah semangat. Orang Muda Katolik harus militan. Memiliki semangat membangun bangsa dan terutama membangun Gereja Katolik,” tutur Erlan yang juga menambahkan tentang pentingnya belajar dari semangat para pendahulu bangsa ini dari kalangan Gereja Katolik seperti Maramis, Frans Seda dan tokoh-tokoh Katolik lainnya.

Menurutnya, para pejuang bangsa ini dari kalangan Gereja Katolik benar-benar mendasarkan seluruh perjuangannya pada ajaran Yesus dan tidak takut bicara kebenaran meski berasal dari golongan minoritas. “Ada satu tokoh lagi yang hebat dan patut ditiru semangat kekatolikan dan kebangsaannya yakni Soegijapranata. Beliau adalah Uskup dan kisah tentangnya baru saja difilmkan. Uskup Soegija mengungkapkan pentingnya menjadi 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia,” papar Erlan.

Karena itu Ketua DPP Erlan Yusran berharap, semangat hidup menggereja benar-benar berkobar di hati setiap anggota OMK Lumen Gratiae, dimulai dari keterlibatan pada hal-hal kecil seperti kegiatan kelompok atau pertemuan organisasi, sampai pada partisipasi aktif pada pembangunan bangsa. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *