Para Imam Keuskupan Ruteng Baharui Janji Imamat

Para imam Keuskupan Ruteng hari Rabu (10/4) kemarin membaharui janji imamat mereka di Gereja Sta. Maria Assumpta Katedral Ruteng. Perayaan ekaristi pembaharuan janji imamat tersebut dipimpin oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng, didampingi oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, para Vikep dan Provinsial SVD Ruteng. Misa tersebut dihadiri oleh ribuan umat di kota Ruteng; liturgi ditanggung oleh wilayah 6 dan 7 Paroki Katedral Ruteng.
Uskup dan beberapa Imam Keuskupan Ruteng pada sebuah perayaan (foto: Kaka Ited)
Dalam kotbahnya, Uskup Ruteng mengingatkan tentang pentingnya kesetiaan pada panggilan hidup baik sebagai imam maupun awam. Mgr. Hubert juga menekankan pentingnya mengampuni sesama yang jatuh dalam kesalahan atau dosa. “Kita sebaiknya tidak lantas menghakimi. Umat tidak langsung menghakimi imam yang dianggapnya berdosa dan imam juga tidak langsung menghakimi umatnya yang menurut pandangannya telah berbuat dosa,” kata Uskup.
Lanjutnya, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah berusaha saling menghargai, saling mengerti, saling mengingatkan dan memberi maaf ketika salah satu pihak jatuh dalam dosa atau kesalahan. Tentang kesetiaan dalam imamat, Mgr. Hubert menekankan pentingnya kehidupan doa dan meneladani Kristus. “Doa dan meneladani Kristus. Tetapi, perlu disadari bahwa kesetiaan pada kehidupan doa, tidak hanya untuk kepentingan imam itu sendiri melainkan harus dimanfaatkan dalam kehidupan nyata, sehingga tidak menimbulkan kejenuhan,” terangnya.
Selain pembaharuan janji imamat, Uskup Ruteng pada perayaan yang sama juga melakukan pemberkatan minyak yang akan dipakai dalam pelayanan pastoral, yakni minyak untuk orang sakit, minyak untuk katekumen dan minyak krisma. Pembaharuan janji imamat biasanya dilakukan pada perayaan Kamis Putih, namun karena beberapa alasan, untuk keuskupan Ruteng baru dilakukan hari Rabu kemarin, bertepatan dengan agenda sidang pastoral post Paskah 2013. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *