Para Lansia di Pitak Dilayani

Pelayanan Kesehatan Gratis

Lebih dari empat puluh lansia di Pitak, Minggu (19/10) kemarin, dilayani oleh sejumlah dokter dan tenaga kesehatan lainnya dalam rangkaian kegiatan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gratis bagi umat lanjut usia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Pastoral Keluarga DPP Katedral Ruteng sebagai salah satu program kerja tahunan selain Kursus Persiapan Perkawinan Katolik atau KPPK.

Para Lansia di Pitak Dilayani

Pelayanan kesehatan gratis bagi lansia di Pitak | Foto: Armin Bell

Kegiatan pelayanan tersebut dimulai jam 10.00 Wita. Ketua seksi pastoral keluarga M. Paulus Hasiman menuturkan, kali ini adalah yang ketiga dilaksanakan pelayanan kesehatan gratis kepada umat lanjut usia. “Kali ini adalah yang ketiga. Sebelumnya dilaksanakan di Mbaru Gendang Nekang, lalu di rumah pengurus DPP di Waso dan kali ini di rumah saya,” jelas Paul yang juga Ketua Wilayah VII ini. Ditambahkannya, umat yang dilayani berasal dari Wilayah VI dan VII. “Sasarannya kali ini adalah semua lansia yang ada di Pitak. Sebelumnya yang mendaftar cuma 23 orang tetapi pada pelaksanaannya jumlahnya menjadi 43 orang. Ini baik dan kami berterimakasih kepada para dokter dan tenaga medis yang dengan setia mendukung program ini bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelayanan kesehatan gratis kepada para lansia adalah salah satu upaya Gereja untuk semakin dekat dengan umat dan lebih berperan melayani. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan kegiatan ini mau menunjukkan kepada umat bahwa Paroki Katedral Ruteng hadir dalam kehidupan harian umat. “Kita ingin agar umat semakin merasakan kehadiran Kristus melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, sehingga dengan demikian umat juga menjadi lebih dekat dan semakin baik dalam kehidupan menggereja,” tuturnya.

Selain pelayanan kesehatan gratis kepada para lansia, Paroki Katedral Ruteng juga mulai memberikan perhatian bagi pengembangan ekonomi umat. “Untuk pengembangan ekonomi umat itu kita punya program ternak babi pada kelompok-kelompok juga usaha ayam pedaging. Sementara umat yang benar mengalami kesulitan ekonomi kita bantu dengan aksi kolekte Geser atau Gerakan Seribu Rupiah,” papar pengacara ini. Kegiatan pelayanan kesehatan gratis bagi lansia di Pitak kemarin, juga dihadiri oleh Pastor Paroki Rm. Daniel Sulbadri, Pr. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *