Paskah di Katedral, Iman adalah Kerja yang Nyata

Beriman berarti berproses. Setiap proses berisi kerja yang nyata, dan setiap kerja yang nyata akan menghasilkan sesuatu yang nyata. Dalam konteks Paskah, iman pasti berujung pada kebangkitan. Hal tersebut disampaikan oleh Romo Ivan Selman, Pr pada kotbah misa kedua Minggu Paskah di Katedral Ruteng (31/4). 

Upacara Cahaya di Katedral Ruteng, Sabtu 30 April 2013 (foto: Kaka Ited)

Terkait dengan Iman yang Indah, pada Misa Sabtu Suci, Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr mengungkapkan refleksi tentang Iman itu Indah, sesuai dengan tema besar tahun 2013 sebagai Tahun Iman. Menurut Romo Deny, “Penghayatan tentang Iman yang Indah tidak hanya ketika kita mengalami sukacita tetapi ketika kita berada dalam kesulitan dan berhasil keluar dari kesulitan tersebut dan mengalami kebangkitan.”

Secara keseluruhan, perayaan pekan suci tahun 2013 ini atau paskah di Katedral Ruteng berlangsung sukses. “Mulai dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah, semua berjalan dengan baik. Jumlah umat yang banyak telah diantisipasi dengan membangun tenda besar di halaman Katedral, sehingga mereka bisa mengikuti perayaan dengan baik,” kata Ketua DPP Katedral Erlan Yusran. Panitia juga menyiapkan tiga layar lebar agar umat yang berada di luar Gereja bisa mengikuti rangkaian perayaan dengan baik. “Tahun ini adalah yang pertama kita siapkan layar lebar, di tahun-tahun selanjutnya akan kita maksimalkan lagi sehingga menjadi lebih baik,” kata Ketua seksi humas, publikasi dan dokumentasi DPP Katedral Frans Yosep Jalang.

Ibadat Jalan Salib Paroki Katedral Ruteng 2013 (foto: Kaka Ited)

Dalam pantauan, pada setiap perayaan jumlah umat yang hadir sangat banyak dan memenuhi gereja serta tenda besar yang telah disiapkan. Seperti diinformasikan sebelumnya, persiapan tenda pada tahun ini dibuat sangat besar setelah mempertimbangkan jumlah umat yang sangat banyak pada perayaan-perayaan besar sebelumnya. Anggaran untuk membangun tenda tersebut diambil dari dana perayaan yang dikumpulkan oleh umat. “Pertimbangannnya, dana perayaan yang dikumpulkan umat itu dipakai sepenuhnya untuk kenyamanan umat saat mengikuti perayaan,” kata Erlan Yusran.
Erlan juga menambahkan setiap masukan dari umat melalui pengurus kelompok dan wilayah akan dipakai oleh dewan paroki untuk pelayanan yang lebih maksimal. DPP juga mengucapkan terima kasih berlimpah kepada tim kerja dan seluruh umat atas partisipasinya dalam menyukseskan perayaan Paskah tahun ini, termasuk dalam aksi sosial karitatif seperti pengumpulan beras yang juga telah didistribusikan kepada keluarga yang membutuhkan. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *