Paskah di Katedral Ruteng 2016 Sukses

Perayaan Paskah di Katedral Ruteng tahun 2016 ini berjalan dengan baik seperti yang telah dirancang oleh Panitia Kerja Paskah bersama DPP Katedral Ruteng. Kerjasama semua pihak adalah alasan utama agenda besar ini berlangsung aman dan sukses.

paskah di katedral ruteng 2016 sukses

RD Benediktus Bensy pada Misa Malam Paskah | Foto: Kaka Ited

Paskah di Katedral Ruteng 2016

Rangkaian perayaan dimulai dari perarakan daun palma dari lapangan Motang Rua sebagai pembukaan pekan suci. Di Gereja Katedral Ruteng, Misa Minggu Palma dipimpin oeh Pastor Paroki Katedral Ruteng RD Benediktus Bensy sedangkan pada Sabtu sore dipimpin oleh RD Lian Angkur. Dalam kotbahnya, Romo Bene mengungkapkan bahwa peristiwa pekan suci mengingatkan kita tentang kerapuhan manusia. “Saat Minggu Palma kita melambungkan pujian hosana terpujilah Dia, tetapi pada Jumat Agung kita berteriak salibkanlah Dia. Betapa rapuhnya kita. Para rasul juga menampakkan kerapuhannya dengan memperebutkan siapa yang paling besar di antara mereka. Yesus lalu mengalahkan kerapuhan itu dengan kerendahan hati, mengalahkan dosa dengan kerahiman,” ungkap Romo Benediktus. Sementara itu pada perayaan Kamis Putih, RD Lian Angkur juga mengingatkan kerendahan hati Yesus yang tampak melalui pembasuhan kaki para murid.

Secara keseluruhan seluruh kegiatan perayaan di Katedral Ruteng tahun ini berjalan sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan sebelumnya. Romo Dr. Matias Daven dari STFK Ledalero juga ikut melayani umat Katedral Ruteng pada Paskah tahun ini.

paskah di katedral ruteng 2016 sukses

Pembaharuan Janji Baptis | Foto: Kaka Ited

Ucapan Terima Kasih

Ketua Panitia Paskah 2016 Raimundus Nuruk mengatakan seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan dalam situasi yang aman dan khidmat. Ketua Wilayah III Paroki Katedral Ruteng ini menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada Misa Minggu Paskah (misa kedua) di hadapan ribuan umat yang hadir. Pada perayaan yang dipimpin Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng tersebut, Raimundus menyampaikan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak dalam perayaan besar ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam hal ini Dinas Perhubungan, Dinas Sosial Nakertrans, Dinas Kesehatan, Pol PP, RSUD. Juga kepada Kapolres Manggarai dan seluruh jajarannya serta Dandim Manggarai dan seluruh jajarannya yang menjadi tim keamanan pada perayaan kali ini,” kata Raimundus. Misa tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Manggarai.

Hal yang juga mendapat apresiasi dari Ketua Panitia Paskah adalah keterlibatan kelompok Remaja Masjid Ruteng dalam seluruh rangkaian perayaan sebagai tim keamanan dan membantu kelancaran kegiatan prosesi, ibada serta misa. Tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada kelompok-kelompok kategorial Katedral, wilayah-wilayah petugas liturgi, komunitas biara dan seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan perayaan Paskah di Katedral Ruteng tahun ini.

Sebelum memasuki Pekan Suci, OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng menutup rangkaian masa prapaskah dengan menampilkan Tablo Kisah Sengsara Yesus pada hari Jumat, 18 Maret 2016. Ibadat jalan salib hidup tersebut dilaksanakan di halaman barat Katedral Ruteng mulai pukul 15.00 Wita dan berlangsung sukses. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *