Paus Fransiskus Angkat Mgr. Silvester San Sebagai Administrator Keuskupan Ruteng

Paus Fransiskus mengangkat Uskup Denpasar Mgr. Silvester San sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng menyusul diterimanya pengunduran diri Mgr. Hubertus Leteng dari jabatan sebagai pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, Flores oleh Tahta Suci Vatikan.

paus fransiskus angkat mgr silvester san sebagai administrator keuskupan ruteng

Mgr. Silvester San, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng | Foto: keuskupan-denpasar.org

Paus Fransiskus Angkat Mgr. Silvester San Sebagai Administrator Keuskupan Ruteng

Paus Fransiskus, menerima pengunduran diri Uskup Hubertus pada hari Rabu, 11 Oktober 2017 dan mengangkat Mgr. Silvester San sebagai Administrator Apostolik di Keuskupan Ruteng. Mgr. Silvester selanjutnya memiliki semua kewenangan dan tugas seperti kewenangan dan tugas dari seorang uskup pada subjek wilayah yang berada di bawah Kongregasi Propaganda Fide, sampai pada saat Pontifice Romano sudah mengangkat uskup baru untuk Keuskupan Ruteng dan telah mengambil alih secara kanonik jabatan tersebut.

Pengumuman pengangkatan Uskup Silvester sebagai Administrator Apostolik di Keuskupan Ruteng, Flores tersebut disampaikan pada hari Jumat (13/10) di Istana Keuskupan Ruteng, bersamaan dengan siaran pers di Vatikan, oleh Rm. Fabio Salerno, Pelaksana Tugas ad interim dari Nunciatura Apostolik di Indonesia. Pengumuman itu dihadiri oleh Mgr Hubertus Leteng, Mgr Silvester San, Rm. Vikjen, Dewan Kuria, Dewan Konsultores, Dewan Imam, dan Rm Siprianus Hormat, Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia.

Usai membaca dekrit pengangkatan Mgr Silvester San, Rm Fabio Salerno selaku wakil Tahta Suci, mengajak imam-imam yang hadir untuk bekerja sama dengan Administrator Apostolik, menunjukkan kesediaan, rasa tanggung jawab, dan semangat persaudaraan imamat.

Rm Fabio Salerno meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr Hubertus Leteng yang telah menjalankan tugas selama tujuh tahun sebagai pelayan pastoral di Keuskupan Ruteng dan untuk Mgr Silvester San, sehingga beliau dapat menghasilkan buah berlimpah selama menjalankan tugas pelayanan di Keuskupan Ruteng. Rm Fabio Salerno sebagai wakil Paus Fransiskus juga berterima kasih kepada Mgr Silvester San atas kesediaannya menerima tugas yang sangat penting ini.

Empat Uskup yang Pernah Memimpin Keuskupan Ruteng

Mgr. Hubertus Leteng adalah uskup keempat dalam sejarah perjalanan Keuskupan Ruteng. Ruteng resmi menjadi wilayah keuskupan pada tanggal 3 Januari 1961. Pada hari yang sama, Tahta Suci Vatikan mengangkat Mgr. Wilhelmus van Bekkum sebagai uskup pertama Keuskupan Ruteng. Mgr. Van Bekkum memimpin Keuskupan ini sampai pada tahun 1972.

Selanjutnya Mgr. Vitalis Jebarus ditunjuk menggantikan Uskup Emeritus Bekkum pada tanggal 17 Maret 1973. Uskup kedua di Keuskupan Ruteng, Flores ini memimpin sampai ketika beliau ditunjuk menjadi Uskup Denpasar tanggal  4 September 1980. Beberapa tahun setelahnya yakni pada tanggal 3 Desember 1984, Tahta Suci Vatikan mengangkat Mgr. Eduardus Sangsung menjadi Uskup Ruteng, dan memimpin Keuskupan ini sampai pada saat beliau tutup usia pada tanggal 13 Oktober 2008.

Paus Benediktus XVI kemudian mengangkat Mgr. Hubertus Leteng menjadi Uskup Ruteng yang keempat pada tanggal 7 November 2009. Mgr. Hubertus memimpin Keuskupan ini selama sekitar tujuh tahun setelah ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng pada tanggal 14 April 2010. Di masa Uskup Emeritus Hubertus memimpin Keuskupan Ruteng, telah dilaksanakan satu kali sinode (Sinode III Keuskupan Ruteng) yang melahirkan berbagai rekomendasi termasuk isu-isu lingkungan hidup(*/berbagai sumber)

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *