Pawai Natal 2013 di Ruteng

Sejak tahun 2011 silam, Pawai Natal menjadi salah satu agenda tahunan di Ruteng. Acara ini digelar bersama oleh tujuh paroki yang berada di kota Ruteng. Tahun 2013 ini, Paroki Katedral Ruteng ditunjuk oleh Kevikepan Ruteng sebagai penanggungjawab perhelatan tersebut.

Pawai Natal 2013 di Ruteng

Persiapan Pawai di Motang Rua | Foto: Dok. DPP

Jika pada dua penyelenggaraan sebelumnya – 2011 dan 2012 –  dilaksanakan pada tanggal 23 Desember, tahun ini diputuskan dilaksanakan pada 27 Desember. “Bersama forum komunikasi DPP se-kota Ruteng, kita sepakat untuk melaksanakannya setelah Natal. Alasannya supaya tidak mengganggu rangkaian persiapan perayaan Natal di tiap paroki,” jelas Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran.

Titik start pawai adalah Lapangan Motang Rua Ruteng. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng. Tampak hadir Bupati Manggarai bersama jajarannya. Selanjutnya, para peserta pawai bergerak ke Paroki masing-masing berdasarkan rute yang telah ditentukan sebelumnya. Khusus Paroki Katedral Ruteng, rute pawai melalui tigabelas wilayah.

Pawai berlangsung meriah. Ribuan kendaraan bermotor tumpah ruah di Lapangan Motang Rua Ruteng. Sebagian besar peserta menghias kendaraannya dengan pernak-pernik Natal. Salah satu yang paling menarik adalah yang dilakukan oleh koodinator pawai Paroki Katedral Ruteng, Kon Mitang, yang menghias sepeda motor dan seluruh tubuhnya dengan lampu-lampu Natal. Sebuah pohon Natal besar juga dipasang di sepeda motornya yang dilengkapi satu buah generator sebagai sumber energi.

Di pelataran parkir Katedral, para peserta pawai disambut oleh aneka stand kuliner dalam kegiatan Kuliner Natal. Pentas musik akustik turut memeriahkan pesta kuliner, yang berlangsung sampai jam 00.00 Wita. Berbagai jenis makanan dan minuman dijual di tempat itu, mulai jam 10.00 Wita. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *