Pekan Suci dimulai, Katedral Berbenah

Umat Katolik di seluruh dunia kini memasuki Pekan Suci, diawali dengan perayaan Minggu Palma mengenang peristiwa Yesus diarak masuk ke kota Yerusalem. Di Ruteng, peristiwa tersebut diperingat secara istimewa. Umat dari tujuh paroki se-kota Ruteng sesuai kesepakatan dalam rapat Forum Komunikasi Dewan Pastoral Paroki (DPP) di kota Ruteng, perayaan Minggu Palma secara serempak dimulai di Lapangan Motang Rua Ruteng (24/3) ditandai ibadat pemberkatan daun Palma oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng.
Mgr. Hubertus saat pemberkatan Daun Palma di Motang Rua (foto: Kaka Ited)
Selanjutnya, umat yang mengikuti perayaan tersebut melakukan prosesi perarakan daun palma ke paroki masing-masing. Umat Katedral Ruteng dalam prosesinya melewati bundaran Mbaru Wunut menuju pertigaan SMP Immaculata kemudian belok kiri masuk ke Jalan Pelita (samping Timur Katedral Lama), menuju ke Gereja Katedral Ruteng. Ribuan umat mengikut perayaan Misa Minggu Palma di Katedral Ruteng yang dipimpin oleh Rm. Beben Gaguk, didampingi oleh Rm. Ivan Selman dan Rm. Hermen Sanusi.
Dalam homili Romo Beben menuturkan kisah Yesus yang lebih memilih menggunakan keledai daripada kuda. “Seorang raja yang memasuki kota dengan menunggang kuda adalah pernyataan bahwa negara dalam keadaan bahaya atau siap berperang. Tetapi Yesus menunggang keledai, sekaligus menjelaskan bahwa kehadiranya adalah sebagai raja damai,” jelasnya. Karenanya, Romo Beben mengajak seluruh umat untuk memasuki Pekan Suci ini dengan penuh kedamaian, sekaligus terlibat dalam kisah sengsara Yesus sampai pada kebangkitan-Nya.
Katedral Berbenah
Terop di pelataran Katedral (foto: DPP)
Hari ini (25/3), tim kerja Paskah mulai melakukan berbagai persiapan untuk perayaan Paskah tahun ini. Tenda-tenda dibangun di pelataran Katedral, sebagai antisipasi atas banyaknya umat yang akan mengikuti perayaan Paskah di paroki ini. Dua tenda besar dibangun di halaman barat, dan tenda lainnya di depan pintu utama. “Dana perayaan yang dikumpulkan dari umat, sebagian besar kita gunakan untuk penyewaan terop, sehingga nantinya umat bisa mengikuti perayaan dengan nyaman,” kata ketua DPP Katedral Erlan Yusran.
Terop di halaman Barat Katedral Ruteng (foto: DPP)
Sementara itu, kegiatan lainnya seperti aksi sosial karitatif juga sedang dilaksanakan. Tim kerja saat ini menyalurkan bantuan/sumbangan beras 5 kg kepada keluarga-keluarga di wilayah Katedral yang membutuhkan. Beras tersebut dikumpulkan dari setiap keluarga di Katedral Ruteng, sebagai bagian dari Aksi Puasa tingkat paroki. Persiapan jelang Paskah juga nampak di wilayah-wilayah yang akan menanggung liturgi. Latihan dan general repetisi dilakukan, baik di tingkat wilayah maupun di Gereja Katedral Ruteng. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *