Pemeriksaan Lansia Dilaksanakan Lagi

Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lanjut usia (lansia) di Paroki Katedral Ruteng kembali dilaksanakan. Hari Minggu (9/11) kemarin, giliran 41 orang lansia di Wilayah XII Waso yang mendapatkan pelayanan tersebut.

Pemeriksaan Lansi Dilaksanakan Lagi

Bidan Hesti, pengurus KBG dan tenaga medis yang setia dalam pelayanan kesehatan lansia | Foto: Dok DPP

Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia adalah salah satu program DPP Katedral Ruteng melalui seksi pastoral keluarga. Selain untuk mendekatkan umat dengan gereja karena kelompok sasarannya adalah para lansia yang menerima komuni di rumah, program ini adalah bagian dari aksi sosial karitatif di paroki ini. “Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan DPP Katedral Ruteng yang pada prinsipnya benar-benar melayani kebutuhan ril umat. Ada geser atau gerakan seribu rupiah yang merupakan bantuan langsung, ada bantuan ternak untuk pengembangan ekonomi dan yang ini (pemeriksaan lansia, red) khusus untuk lansia,” kata Ketua DPP Katedral Erlan Yusran.

Sementara itu, menurut Ketua Seksi Pastoral Keluarga M. Paulus Hasiman, pemeriksaan lansia di Wilayah XII adalah yang keempat sejak program tersebut pertama kali dilaksanakan di Nekang tanggal 7 September silam. “Ini lokasi keempat setelah sebelumnya kita laksanakan evaluasi atas tiga kegiatan terdahulu bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dan para dokter serta tenaga medis,” kata Paul. Ditambahkannya hasil evaluasi tersebut akan dipakai untuk perbaikan pada kegiatan-kegiatan serupa di hari-hari selanjutnya.

Di Wilayah XII, ada 41 orang lansia yang dilayani oleh 7 orang dokter umum dan 3 orang dokter gigi. Kegiatan dimulai jam 10.00 Wita di rumah Ketua Wilayah XII Bapak Michel Kulas. “Kemarin (Minggu 9/11, red) ada empat puluh satu lansia. Beberapa orang dilayani di rumah mereka karena tidak bisa datang ke lokasi pemeriksaan. Kasusnya itu stroke dan ada dua orang dokter yang melayani khusus dari rumah ke rumah,” jelas Sekretaris DPP Shinta Aldina.

Sampai saat ini kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana. Umat berterima kasih atas kesediaan DPP melaksanakan program tersebut di setiap wilayah dan berharap menjadi salah satu agenda kerja reguler. Menurut Ketua DPP Erlan Yusran, kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. “Kita berterima kasih kepada Dinas Kesehatan yang sejauh ini sangat membantu pelaksanaan agenda ini, juga para dokter dan tenaga medis yang berasal dari Paroki Katedral Ruteng yang dengan setia terlibat pada kegiatan ini,” tuturnya. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *