Penggalian Pondasi Aula Dimulai

Peletakan batu pertama pada 27 September lalu menjadi titik awal proses pembangunan Aula Katedral Ruteng. Mulai hari ini, umat di paroki Katedral secara bergilir melakukan penggalian pondasi, menindaklanjuti himbauan DPP Katedral dan Panitia Pembangunan. Seperti diketahui, dalam himbauannya DPP Katedral Ruteng bersama Panitia Pembangunan Aula menjelaskan bahwa selain bertahap, proses pembangunan aula juga dilakukan secara swadaya. 
Umat Wilayah I mulai menggali pondasi aula (foto: Dok DPP)
Konsep swadaya bukan hanya soal dana, tetapi juga soal tenaga. Artinya, umat di wilayah Katedral juga diajak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan fisik seperti penggalian pondasi aula,” jelas Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran. Karenanya, DPP dan panitia langsung melakukan pembagian jadwal kegiatan fisik tiga belas wilayah di Paroki Katedral Ruteng. Dalam jadwal tersebut dijelaskan bahwa waktu kerja umat di lokasi pembangunan aula dimulai pada jam 08.00 – 17.00 WITA dengan pengaturan alat kerja dan konsumsi dikoodinir oleh wilayah masing-masing.
Hari ini, Senin (3/12) umat dari wilayah I telah memulai rangkaian kegiatan penggalian pondasi. Tampak tokoh-tokoh umat dari wilayah itu juga hadir dan ikut dalam kegiatan fisik penggalian pondasi. Selanjutnya secara berurutan, setiap wilayah diberi tanggung jawab satu wilayah setiap hari untuk melakukan penggalian pondasi, sampai tanggal 19 Desember 2012, kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.
Seperti diketahui, Pembangunan Aula Katedral dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan Gereja dan Pastoran Katedral Ruteng. Aula Assumpta yang ada saat ini akan beralih fungsi sebagai pastoran yang selama ini disatukan dengan ruang sekretariat. Selain itu, aula ini juga dibangun dengan tujuan khusus yakni tersedianya gedung yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti: pertemuan/rapat, pendampingan kaum muda, latihan koor, kursus-kursus gerejani, pelatihan-pelatihan, pesta (pernikahan, ulang tahun dll) dan olahraga in door dengan halaman parkir representatif.
Proses penggalian pondasi (foto: Dok. DPP)
DPP berharap, umat mendukung pembangunan aula agar berjalan sesuai rencana. “Target pembangunannya lima tahun, dan hanya akan terwujud jika umat berpartisipasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada donatur yang membantu, dan berharap semakin banyak pihak peduli,” papar Ketua DPP. (bell)
Baca juga:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *