Pengurus Baru DPP Katedral Dilantik

Hari Minggu (26/4) kemarin, para pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Keuangan Paroki (DKP) Katedral Ruteng bersama para pengurus Wilayah dan Komunitas Basis Gerejawi (KBG) separoki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng pada perayaan ekaristi Misa kedua di Gereja Katedral Ruteng.

Pengurus Baru DPP Katedral Ruteng Dilantik

RD Deny Sulbadri (Ketua Tim Formatur) dan Armin Bell (Ketua Tim Kerja) pada Pleno Pemilihan DPP Katedral Ruteng, Jumat (10/4) | Foto: Kaka Ited

Dalam perayaan tersebut, Uskup Ruteng didampingi oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng RD Daniel Sulbadri, Pr, Pastor Kapelan Katedral Ruteng, RD Lian Angkur, Pr dan juga imam dari ordo Scalabrinian P. Boy N. Saavedra, CS. Dalam homilinya, Mgr. Hubertus mengingatkan tentang besarnya kasih yang dikaruniakan kepada manusia sehingga manusia disebut anak- anak Allah. Namun pada saat yang sama manusia dituntut untuk benar-benar bersikap dan bertindak sebagai anak-anak Allah.

“Kasih atau mengasihi adalah cara Allah melahirkan dan mengangkat kita menjadi anak-anak Allah. Karena itu sikap dan tindakan kita, perkataan dan perbuatan kita sebagai anak-anak Allah haruslah mewujudkan dan menyalurkan atau membawakan kasih,” kata Uskup. Ditambahkannya, “Bila kita hanya anak-anak manusia saja, kita masih bisa tawar-menawar antara kasih dan benci, antara cinta dan irihati, antara sayang dan dendam, antara baik dan jahat.” Karena itu menurut Mgr. Hubertus, sebagai anak Allah dan pengikut Kristus, hanya ada satu tanda pengenal dan jatidiri kita, yakni cinta kasih seperti perintahNya supaya manusia saling mengasihi sama seperti Yesus sendiri yang telah mengasihi manusia (bdk. Yoh 13: 34-35).

Tentang cara yang tepat dalam mewujudkan cinta kasih tersebut, kepada pengurus DPP dan umat yang hadir Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng memberikan beberapa contoh di antaranya: “Jika ada orang yang lain berbuat jahat terhadap kita, itu orang lain, itu bukan anak Allah dan itu bukan pengikut Kristus. Tetapi kita, janganlah berbuat jahat dan jangan juga balas berbuat jahat, tetapi balaslah kejahatan dengan berbuat baik. Orang lain marah, panas dan emosi, itu orang lain. Tetapi kita, janganlah marah, panas dan emosi dan jangan juga balas marah, panas dan emosi. Kalau kita terpaksa balas, balaslah dengan wajah senyum dan tawa, wajah ramah tamah.”

Pada misa tersebut, seluruh petugas pastoral yang dilantik mengenakan pakaian putih hitam. Sebelum dilantik, mereka menjawab pertanyaan tentang kesediaan dan kesungguhan menjadi agen pastoral mulai dari tingkat KBG sampai tingkat Paroki. Selanjutnya dengan masing-masing memegang lilin yang bernyala, mereka direciki air berkat oleh Uskup Ruteng. Koor pada misa pelantikan tersebut adalah kelompok paduan suara Sangkakala pimpinan Livens Turuk.

Usai misa pelantikan acara dilanjutkan dengan resepsi di Aula Assumpta Ruteng. Agenda resepsi ini diisi dengan arahan dari Uskup Ruteng kepada para pengurus DPP Katedral Ruteng periode 2015 – 2019, pembahasan Visi, Misi dan Tujuan Paroki Katedral Ruteng serta penyampaian usul dan saran dari para pengurus untuk program kerja pengurus yang baru yang dipimpin oleh Ketua DPP terpilih, Erlan Yusran. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *