Pengurus OMK Kevikepan Ruteng Dilantik di Katedral

OMK atau Orang Muda Katolik adalah wadah berkumpulnya kaum muda Katolik di berbagai tingkatan, mulai dari KBG, Wilayah, Paroki, Kevikepan hingga Keuskupan. Di Kevikepan Ruteng, wadah OMK memiliki pengurus baru. Pengukuhan pengurus dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng hari Minggu, 14 Februari 2016.

pengurus omk kevikepan ruteng dilantik di katedral

Pengurus OMK Kevikepan Ruteng | Foto: Evan

Pengurus OMK Kevikepan Ruteng Dikukuhkan

Pengukuhan pengurus OMK Kevikepan Ruteng dilaksanakan pada Perayaan Ekaristi Kaum Muda yang dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng, Minggu (14/2) mulai jam 10.00 Wita.  Misa dipimpin langsung oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, RD Alfons Segar. Para Imam yang juga hadir, di antaranya Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng RD Frans Sawan, Vikep Ruteng RD Kanis Ali, pimpinan biara Scalabrinian dan beberapa imam pendamping kaum muda. Sebelum Misa, kaum muda yang hadir pada perayaan tersebut mengikuti Kebaktian Rohani Katolik (KRK) dengan menyanyikan lagu puji-pujian.

Pengukuhan dilaksanakan dalam ritus khusus setelah homili, diawali dengan pembacaan surat Keputusan Uskup Ruteng tentang Penetapan Kepengurusan OMK Kevikepan Ruteng. Romo Vikjen mewakili Uskup Ruteng juga terlebih dahulu menanyakan kesediaan para pengurus OMK Kevikepan Ruteng untuk bertanggungjawab terhadap tugas dan kewajiban, sebelum memberikan doa dan berkat pengukuhan.

Sementara itu, Vikep Ruteng RD Kanis Ali pada perayaan tersebut mengajak pengurus OMK Kevikepan Ruteng yang telah dikukuhkan untuk mengajak semakin banyak kaum muda agar terlibat dan bergabung dalam kegiatan OMK di parokinya masing-masing. “Kita bisa melihat di luar sana banyak anak muda yang bergabung di berbagai organisasi, kelompok-kelompok kategorial maupun di sekolah-sekolah. Mereka itu juga adalah OMK. Ajaklah mereka untuk bergabung di OMK, dampingilah mereka dalam dinamika OMK,” kata Romo Kanis. Ditambahkannya, tugas pengurus OMK itu sungguh mulia karena bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan iman anak muda.

Ketua OMK Kevikepan Ruteng Thomas Didimus Darmin dalam sambutannya mengajak seluruh rekan-rekan muda untuk menjadikan OMK sebagai wadah belajar dan tempat mengembangkan diri menjadi lebih baik. “Saya menyadari dengan sungguh bahwa diri saya telah mengalami perkembangan positif setelah bergabung di OMK. Banyak hal yang dapat dipelajari di OMK. sehingga rekan-rekan muda, marilah kita sama-sama belajar untuk berkambangan ke arah positif,” jelasnya.

Perayaan ekaristi dan pengukuhan kepengurusan OMK Kevikepan Ruteng diikuti oleh ribuan kaum muda dan berbagai perwakilan OMK di wilayah Kevikepan Ruteng seperti OMK Paroki Katedral, Paroki Cewonikit, Paroki Redong, Paroki Golo Dukal, Paroki Poco, Paroki Poka, Paroki Kumba, Paroki Ponggeok, Paroki Langke Majok dan Paroki Pagal. Perayaan ekaristi dan pengukuhan kepengurusan OMK Kevikepan Ruteng ini dimeriahkan juga oleh paduan suara dari SMAK Fransiskus Xaverius Ruteng dan berakhir pada pukul 12.45 Wita. (*/Evan Lahur)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *