Pleno Bahas Pergantian Pengurus DPP

Masa kerja pengurus Dewan Pastoral Paroki Katedral Ruteng akan segera berakhir pada Mei 2015 mendatang. Hal yang sama juga terjadi pada pengurus KBG dan Wilayah. Karenanya, DPP Katedral Ruteng saat ini sudah mulai memikirkan tentang mekanisme pergantian dan pemilihan pengurus baru. Hal tersebut menjadi salah satu pokok bahasan dalam Pleno DPP yang dilaksanakan di Aula Assumpta Katedral Ruteng, Minggu (26/10) kemarin.

Pleno Bahas Pergantian Pengurus DPP

Umat Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Pleno DPP dihadiri oleh sebagian pengurus KBG, Wilayah dan tim kerja DPP Katedral Ruteng. Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. Daniel Sulbadri, Pr juga mengikuti kegiatan tersebut. Selain membahas rencana pergantian pengurus, rapat pleno tersebut juga membicarakan beberapa agenda seperti pembentukan tim kerja Natal 2014, rencana penyusunan program kerja yang kontekstual dan integral, rencana pelaksanaan Misa KBG pada bulan Desember dan rencana konser Natal mahasiswa STFK Ledalero di Ruteng.

Tentang pembentukan tim kerja Natal 2014, peserta rapat menyepakati penentuannya dilakukan sepenuhnya oleh DPP. “Berdasarkan kesepakatan pleno, penanggungjawab tim kerja Natal adalah DPP. Sebenarnya dulu sudah disepakati bahwa yang menjadi penanggungjawab adalah Wilayah secara bergilir tetapi karena banyak pertimbangan termasuk efektifitas koordinasi maka diambil alih oleh DPP,” jelas Ketua DPP Erlan Yusran. Ditambahkannya, pada pelaksanaannya nanti DPP akan menentukan anggota panitia tim kerja yang siap bersama menyukseskan berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2015.

Pada perayaan Natal di Katedral Ruteng tahun ini, sebagai persiapan akan dilaksanakan Misa KBG mulai tanggal 1 sampai 12 Desember 2014 yang diawali dengan Ibadat Tobat dan Pengakuan Pribadi di KBG. Selain itu juga akan dilaksanakan konser Natal oleh mahasiswa STFK Ledalero. “Kita mulai dengan Misa KBG, kemudian nanti akan membantu pelaksanaan konser para frater dari Maumere (STFK Ledalero, red) di Ruteng. Untuk konser ini umat Katedral diminta menyiapkan penginapan dan rapat pleno telah menyetujui itu,” kata Sekretaris Paroki Katedral Ruteng Shinta Aldina.

Terkait penyusunan program kerja yang kontekstual dan integral, DPP menghadirkan tokoh umat Lorens Jelinus yang memberikan gambaran awal tentang cara menyusun program kerja berdasarkan data. Tindak lanjut dari pemaparan tersebut adalah rencana pembuatan pelatihan penyusunan program kerja di KBG-KBG.

Pergantian Pengurus DPP

Pleno pada hari Minggu tersebut juga membahas rencana pergantian pengurus DPP. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan masa kerja pengurus yang bekerja saat ini akan berakhir pada Mei 2015 berdasarkan SK Uskup Ruteng. “Karena itu, kita harus segera laksanakan pemilihan pengurus baru, mulai dari tingkat KBG sampai DPP,” jelasnya. Disepakati beberapa hal terkait topik ini, di antaranya:

  1. Pemilihan pengurus KBG dilaksanakan paling lambat sebelum Natal 2014
  2. Pemilihan pengurus Wilayah dilaksanakan paling lambat 1 Februari 2015
  3. Pemilihan pengurus DPP dilaksanakan paling lambat 1 April 2015
  4. Pengurus KBG, Wilayah dan DPP terpilih baru melaksanakan tugas setelah pelantikan dalam perayaan ekaristi di Gereja Katedral Ruteng (waktu ditentukan kemudian)
  5. Mekanisme pemilihan pengurus baru KBG dan Wilayah diserahkan kepada KBG dan Wilayah dengan mempertimbangkan karakteristik masing-masing KBG dan Wilayah serta melibatkan partisipasi aktif umat sebesar-besarnya. Untuk DPP akan dibuat mekanisme lain yang dilaksanakan oleh tim kerja pemilihan pengurus.

(adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *