Pleno DPP: Dari Tahun Iman sampai Pembangunan Aula

Pelayanan umat pada tahun 2013 harus lebih maksimal. Berbagai program yang telah disusun oleh setiap seksi diharapkan dapat dijalankan dengan baik dan bergerak dalam koridor 2013 sebagai Tahun Iman seperti yang telah ditetapkan oleh Tahta Suci Vatikan. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Pleno Dewan Pastoral Paroki DPP Katedral Ruteng, Minggu (20/1).

pleno dpp

Ketua DKP, Bendahara dan Ketua DPP Katedral pada Pleno | Foto: Armin Bell

Rapat Pleno DPP tersebut dilaksanakan di Aula Assumpta Katedral Ruteng dan diikuti oleh hampir seratus peserta, mulai dari Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pastor Kapelan Rm. Beben Gaguk, seluruh perangkat DPP yakni pengurus seksi dan kelompok serta tokoh-tokoh umat di wilayah Katedral Ruteng. Saat menyusun rencana kerja DPP untuk tahun 2013, seksi-seksi memasukkan program yang diarahkan sesuai dengan tahun 2013 sebagai Tahun Iman.

Seksi pendidikan misalnya, melalui ketua seksi Sipri Bos berencana melakukan advokasi HIV/AIDS dengan kelompok sasaran para pelajar. “Mengapa ini penting, karena para remaja terutama pelajar belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahaya HIV/AIDS, padahal mereka adalah kelompok yang rentan,” tuturnya seraya menawarkan program lain seperti bimbingan atau persiapan mental menjelang Ujian Nasional.

Sementara itu, seksi liturgi pada tahun 2013 ini menawarkan beberapa perubahan termasuk perpindahan tempat koor pada hari Minggu biasa, dari balkon ke sayap barat gereja. “Selain itu, kami juga telah mengadopsi sistem PPA (Putra-putri Altar) dalam pembagian tugas penanggung jawab liturgi. Nantinya, pemazmur, lektor dan dirigen diatur berdasarkan kelompok-kelompok dan jadwal tugasnya diumumkan melalui warta mingguan Kreba,” kata ketua seksi Felix Edon. Kegiatan seperti katekese, pendampingan kaum muda pendalaman kitab suci, KPPK dan lainnya juga ditawarkan dan menjadi rencana kerja seksi terkait.

Pada bagian lain, Pleno DPP banyak menyoroti rencana pembangunan aula yang baru. Berbagai usulan mengemuka, dengan tujuan utama meningkatkan partisipasi umat dalam mendukung pembangunan aula. “Saya ingin, pembangunan aula tidak simsalabim jadi, tetapi umat harus terlibat membantu. Karenanya pada tahun ini, kita (pengurus DPP, red) harus mulai mengingatkan lagi hasil kesepakatan tahun 2007 tentang dana pembangunan sebesar Rp. 450.000,-/KK. Kalau itu berhasil, dikumpulkan maka pembangunan akan berjalan dengan baik,” ungkap Leo Ahas. Ahas juga menawarkan konsep lain, termasuk kredit di koperasi untuk memulai proses pembangunan. Leo Ahas sendiri telah secara sukarela menyumbang pasir untuk seluruh kebutuhan pembangunan.

Setiap usulan tersebut mendapat tanggapan beragam dan memberi ruang pada pelaksana DPP untuk mengambil langkah terbaik. “Pada prinsipnya, semua usulan ditampung dan akan ditelaah lagi sebelum memutuskan langkah terbaik yang akan dilakukan untuk rencana besar ini,” kata Ketua DPP Katedral Erlan Yusran. Erlan juga berharap, agar semua pengurus DPP bekerja maksimal tidak saja untuk pembangunan aula tetapi untuk seluruh program paroki. “Setiap rancangan kegiatan seksi dan usulan pleno, akan dirumuskan dalam bentuk kalender kerja, sehingga menjadi lebih jelas dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Rapat pleno DPP pada hari Minggu tersebut terdiri dari beberapa agenda. Setelah mengikuti rekoleksi tentang militansi DPP bersama Rm. Herman Ando, Pr kegiatan dilanjutkan dengan Evaluasi Tim Kerja Natal 2012 dan Tahun Baru 2013. Pada sesi ini, Konstan Parit Ketua Tim Kerja mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dengan caranya masing-masing telah menyukseskan perayaan Natal 2012.

Sementara itu, pada agenda Pleno lainnya, Ketua Dewan Keuangan Paroki DKP Katedral Ruteng Inocentius Peni menyampaikan laporan keuangan termasuk rencana alokasi anggaran paroki pada tahun 2013. Sorotan utama pada masalah keuangan adalah keterlibatan umat pada Iuran Paroki Mandiri. “Semoga pengurus kelompok lebih maksimal, sehingga umat memiliki kesadaran tentang pentingnya IPM ini,” tutur Ino. Kegiatan tersebut berlangsung mulai jam 09.30 WITA sampai jam 17.00 WITA. Saat ini, sekretariat DPP sedang merapikan rencana agenda kerja 2013 untuk kemudian dibagi dan menjadi panduan bagi pengurus sepanjang tahun ini. (bell)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *