PPA Berbagi Kasih di Panti Hanura

Kelompok kategorial Putra-Putri Altar PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk perhatian mereka pada lingkungan sekitar. Menurut pembina PPA LG Kosmas Karjiin, selain dilatih menjadi pelayan altar, anggota PPA juga diberi kesempatan untuk mengasah kepekaan sosial yang akan bermanfaat bagi kehidupan mereka di masa mendatang.

PPA Berbagi Kasih di Panti Hanura

PPA LG di Panti Asuhan Hanura | Foto: Dok PPA

Minggu (22/2) kemarin, lebih dari 60 anggota Putra Putri Altar PPA Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng, melakukan kunjungan sekaligus berbagi kasih dengan penghuni Panti Asuhan Hanura di Tadak Lempe Paroki St. Vitalis Cewonikit Ruteng. Pembina PPA LG, Kosmas Karjiin mengatakan, kunjungan tersebut adalah salah bentuk pengajaran kepada anggota PPA agar mereka mengenal sekaligus mempraktekkan kebiasaan hidup berbagi dan mengasihi orang lain.

“Di PPA, mereka tidak hanya mengenal liturgi dan tata perayaan ekaristi tetapi juga diberikan bekal untuk bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Karena itu, kami menyiapkan sarana dan kegiatan yang bisa membuat mereka belajar, salah satunya adalah dengan mengunjungi panti asuhan,” tutur Kosmas.

Dalam kunjungan tersebut, menurut Kosmas, 63 anggota PPA membawa bingkisan berupa satu kardus berisi pakaian layak pakai yang mereka kumpulkan sendiri, serta satu kilogram beras per anak. “Selain berbagi kasih, pada anggota PPA juga belajar untuk melihat hidup dari kacamata anak-anak panti. Anggota PPA harus bisa bersyukur bahwa mereka menikmati hidup yang baik dan karena itu wajib berbagi kepada anak-anak yang kurang beruntung karena tidak mengenal orang tua mereka,” jelasnya.

Anggota PPA LG sangat menikmati kesempatan kunjungan selama dua jam tersebut, mulai jam 10.00 – 12.00 Wita. Di Panti Asuhan Hanura binaan Mama Merry Baso tersebut, mereka terlihat berbaur dengan anak-anak panti. Mereka juga menikmati permainan bersama yang dipandu oleh Pembina PPA Lumen Gratiae, Maria Fatima Tamat. “Konsepnya memang PPA berbagi kasih dan mereka suka. Selanjutnya setelah beramah tamah dengan 68 anak panti, mereka pulang dan makan siang bersama di LG Corner Ruteng,” kata Kosmas Karjiin.

PPA Lumen Gratiae adalah salah satu kelompok kategorial di Paroki Katedral Ruteng yang sangat aktif. Selain dilatih untuk membantu perayaan ekaristi, mereka juga dilibatkan dalam kegiatan lain seperti paduan suara, kegiatan Sore Cerita – Dongeng untuk Anak, dan lain-lain. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *