PPA Katedral Dapat Pembekalan Pengenalan Diri

90 anggota Putra Putri Altar atau PPA Katedral Ruteng, terlibat dalam Weekend PPA 2013 yang berlangsung di Aula Assumpta Ruteng, Sabtu dan Minggu (23-24/2). Jumlah peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Materi kegiatan yang diberikan hampir sama, seperti pengenalan alat liturgi, materi pengenalan diri, meditasi anak dan senam doa.
PPA Katedral Ruteng pada Weekend PPA, Mengenal Diri (foto: Dok DPP)
Moderator PPA Katedral Ruteng, Rm. Beben Gaguk Pr, mengatakan pada materi pengenalan diri, anggota PPA diajak untuk siapa mereka bagi dirinya dan bagi sesama. “Ada dua hal yang dibagi pada materi ini, yakni aku dan diriku serta aku dan sesamaku. Di sini mereka diajak untuk mengerti siapakah mereka dan apa sebaiknya yang harus mereka lakukan dalam terang Yesus Kristus,” tutur Pastor Kapelan Katedral Ruteng yang juga adalah Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng ini.
Kegiatan Weekend PPA adalah salah satu kegiatan kategorial rutin di Paroki Katedral Ruteng. Selain mendapatkan materi yang berkaitan dengan pengembangan diri, para peserta juga belajar tentang tata perayaan ekaristi, terutama mengenal alat-alat liturgi yang berkaitan dengan tugas mereka sebagai putra putri altar. Pembina PPA Katedral Ruteng Kosmas Karjiin mengatakan, “Kegiatan ini penting, supaya para anggota PPA saat bertugas bisa melayani altar dengan baik. Di gereja, mereka dilatih bagaimana cara berjalan yang baik dan apa tugas-tugas mereka dan bagaimana cara melakukannya dengan baik.
Nyalakan lilin pada Meditasi Anak (foto: Dok. DPP_
Secara keseluruhan, Weekend PPA memiliki dua tujuan. Pertama, tujuan jangka pendek yakni menyiapkan pelayan altar yang terampil; dan kedua, tujuan jangka panjang yakni pembinaan iman anak. Putra Putri Altar juga dikenal dengan nama misdinar, yang berasal dari Messdieneer (bahasa Jerman) yang berarti Pelayan Misa Kudus. Hadir dalam Weekend PPA tersebut selain Rm. Beben dan Kosmas Karjiin adalah Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran, pendamping PPA dan THS/THM Katedral Ruteng Hendro Nakar dan Armin Bell yang mendampingi anggota PPA dalam meditasi anak. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *