PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng Dapat Anggota Baru

Kelompok Putra Putri Altar PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng menerima anggota baru. Kelompok kategorial ini melakukan hal tersebut seiring bertumbuhnya minat anak-anak untuk bergabung dan menjadi pelayan altar atau misdinar pada tiap perayaan misa di Paroki Katedral Ruteng.

PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng dapat anggota baru

Weekend PPA Katedral tahun 2013 | Foto: Dok. DPP

Pembina PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng, Kosmas Karjiin mengatakan selain untuk menjawab minat anak-anak yang tinggi, penjaringan anggota baru juga dilakukan untuk mengisi posisi yang sudah ditinggalkan oleh beberapa anggota lama yang sudah tidak aktif lagi. “Beberapa anggota lama sudah tidak aktif lagi sebagai pelayan altar. Rata-rata karena mereka sibuk dengan kegiatan sekolahnya karena banyak yang sudah mau ujian nasional. Jadi ini seperti bentuk regenerasi,” kata Kosmas di sela kegiatan pengenalan PPA kepada sekitar tigapuluh anggota baru di Aula Assumpta Katedral Ruteng, Kamis (20/3) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, kepada para anggota baru Kosmas menjelaskan tentang tugas dan tanggungjawab putra putri altar. Selain itu, mereka juga langsung diajak untuk mengenal perlengkapan liturgi yang berkaitan dengan tugas pelayan altar dan tata perayaan ekaristi secara keseluruhan. “Dari aula, saya langsung ajak mereka ke Gereja. Di sana mereka dilatih untuk memahami sikap yang layak sebagai PPA, mengetahui perlengkapan liturgi serta urutan tata perayaan ekaristi,” jelas Kosmas. Ditambahkannya, selama proses pengenalan para anggota baru didampingi oleh anggota yang telah lama aktif. “Anggota baru ini diajak oleh teman-temannya sendiri yang sudah lebih dahulu menjadi PPA. Sehingga selama proses latihan, mereka saling berbagi pengetahuan,” katanya.

PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng adalah salah satu kelompok kategorial yang paling aktif berkegiatan di Paroki ini. Selain melaksanakan tugas reguler pada setiap perayaan misa di Gereja Katedral Ruteng, mereka juga terlibat dalam berbagai kegiatan lain seperti Weekend PPA, Ziarah dan lain-lain. Dalam rencana DPP, para anggota PPA juga akan didampingi untuk hal-hal lain termasuk pengembangan karakter serta minat baca anak. “Kita sudah punya Taman Baca LG Corner Ruteng, dan kita akan pikirkan untuk melaksanakan kegiatan khusus untuk anak-anak PPA di sana,” kata Moderator PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng, Rm. Beben Gaguk, Pr. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *