PPA Lumen Gratiae Weekend di Assumpta

Kelompok kategorial Putra Putri Altar PPA Lumen Gratiae Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng, hari Jumat – Sabtu, 15 – 16 Mei 2015 kemarin kembali melaksanakan kegiatan Weekend PPA. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Assumpta Katedral Ruteng.

Weekend PPA Lumen Gratiae di Assumpta

Weekend PPA Lumen Gratiae 2015

Dalam kegiatan tersebut, 83 anggota PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng mendapat pembekalan tentang mengenal diri dan membangun kedisiplinan dalam membentuk jati diri sebagai seorang Katolik yang baik. (Baca juga: PPA Lumen Gratiae Dapat Anggota Baru)

Pembina PPA Lumen Gratiae Kosmas Karjiin mengatakan, tahun ini yang memberikan materi adalah Pak Anang, seorang pendamping organisasi asal Magelang yang sebelumnya memberikan pembekalan dan retret kepada sejumlah pengurus organisasi kaum muda di rumah retret Wae Lengkas. “Saya sebelumnya mengenal Pak Anang ini ketika kami mengikuti retret di Wae Lengkas. Lalu saya minta dia untuk mendampingi PPA Katedral dan beliau bersedia,” kata Kosmas.

Dalam Weekend PPA kali ini, menurut Kosmas, anak-anak diajak untuk menghargai diri sendiri. Dengan menghargai diri sendiri, selanjutnya mereka akan mampu menghargai orang lain. “Nah, cara menghargai diri itu bermacam-macam tetapi yang paling penting adalah seorang anak harus disiplin terlebih dahulu,” jelasnya. Ditambahkannya, Pak Anang selaku pemateri juga mengingatkan kepada para peserta untuk berani tampil beda dan lebih baik dari anak-anak lain yang tidak bergabung dalam kelompok kategorial PPA. “Kepada anak-anak diingatkan agar seorang anggota PPA harus lebih unggul dan lebih baik dari anak-anak lain. Kalau tidak maka tidak ada istimewanya menjadi anggota PPA,” tutur Kosmas.

Selain Kosmas Karjiin dan Pak Anang, dalam Weekend PPA tersebut para peserta juga didampingi oleh Ibu Watty dan Bapak Yos Buga dalam sesi pujian dan games. Kegiatan tersebut dimulai hari Jumat (25/5), dengan registrasi peserta pada pukul 16.00 Wita. Selain mendapatkan materi tentang mengenal diri, para peserta juga diajak menyaksikan film tentang karya kelompok Jesuit di tengah suku Indian, Amerika.

Rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Kapelan Katedral Ruteng, RD Lian Angkur, Pr, pada hari Sabtu (16/5) pukul 11.00 Wita. Dalam homilinya, Romo Lian juga mengingatkan kepada anggota PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng untuk belajar lebih menghargai diri sendiri agar dapat menghargai kehadiran orang lain. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *