Promosi Panggilan dari Sabah Malaysia

Hari Minggu (10/8) Kongregasi Bruder-bruder Sekolah-sekolah Kristiani atau Frater Scholarum Christianarum (FSC), Komunitas Nabawan – Sabah Malaysia melakukan promosi panggilan di Gereja Katedral Ruteng. Bruder Ignasius Heri Satrya Wangsa FSC dari kongregasi tersebut ditemani oleh sahabat kongregasi Gabriel Boli datang dari Sabah Malaysia dan mengajak umat yang berminat untuk berkarya sebagai bagian dari kongregasi tersebut untuk bergabung.

promosi panggilan dari sabah malaysia

Karya Kongregasi FSC: Asrama Butitin Nabwan | Image dari Blog Bruder Ignasius

“Kami datang untuk mengenalkan kongregasi kami sekaligus mengajak umat yang ingin berkarya bersama kami sebagai pendidik sekaligus religius yaitu sebagai Bruder Religius dalam kongregasi kami,” kata Bruder Ignasius pada Misa pertama dan kedua kepada umat Katedral Ruteng. Menurut anggota dari Provinsi Asia Timur (Lasallian East Asian District) ini, sejak tahun 20014, kongregasi ini saat ini membantu sekolah untuk anak-anak pekerja migran dari Flores – Indonesia di Nabawan Sabah Malaysia. “Sekolah tersebut murni inisiatif dari Bapa Gabriel Boli, seorang guru, katekis dan pekerja kebun dari Kabupaten Lembata. Dua orang burder La Salle (sebutan untuk bruder-bruder FSC), melayani di sekolah tersebut dibanti lima guru dari kalangan komunitas pekerja migran dan dua orang guru bantuan dari pemerintah Indonesia,” kata Bruder Ignasius.

Mengingat pendidikan untuk anak-anak para buruh migran ini sangat penting, maka kongregasi burder-bruder De La Salle – Komunitas Nabawan di Sabah Malaysia bersama pengelola sekolah mengajak umat yang berminta untuk menjadi bagian dari keluarga besar FSC berkarya di sekolah tersebut. Menurut Bruder Ignasius, “Saat ini sedang dibangun asrama dalam kompleks sekolah untuk anak-anak yang tinggal jauh dari kompleks sekolah.” Ditambahkannya, saat ini ada 500-an anak usia sekolah di sekitar daerah pelayanan kongregasi (Nabawan dan Sinjaya) yang tidak dapat pergi sekolah karena tinggal di tengah perkebunan kelapa sawit yang jauh dari lokasi sekolah. Untuk kepentingan tersebut, pengelola sekolah dan kongregasi membangun asrama. “Melalui asrama ini, kami berharap menampung sebagian dari anak-anak tersebut sekaligus menanamkan nilai-nilai moral Katolik.”

Di bagian akhir promosi panggilan tersebut, Bruder Ignasius menyampaikan bahwa kongregasi FSC membutuhkan kaum muda laki-laki dari Flores untuk berkarya bersama kongregasi di Sabah Malaysia. “Kami butuh dua atau tiga orang laki-laki yang sudah dibaptis secara Katolik dan belum berkeluarga. Sebaiknya mereka berjiwa misionaris, menyukai tantangan serta kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Mereka nantinya akan dipersiapkan sebagai partner untuk mendidika, mengajar, mewartakan kabar baik Kristus bagi anak-anak pekerja migran dari Flores,” ajak Bruder Ignasius. Menurutnya, di waktu-waktu mendatang jika merasa terpanggil untuk menjadi Bruder Religius, mereka akan difasilitasi untuk mengikuti program pembentukan lanjutan di Kinabalu Sabah dan Filipina untuk selanjutnya diutus sebagai perintis pembukaan komunitas baru di Indonesia. (adm)

Catatan:

Contact Person:

Bruder Ignasius Hery Satrya Wangsa FSC
Komunitas Nabawan – Sekolah untuk anak-anak pekerja migran Indonesia di Sabah)

PO Box 43
899657 Nabawan
Sabah – Malaysia
E-Mail: ignherisw@gmail.com
Blog: www.simplicityforyourlife.blogspot.com

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *