Ratusan Pelajar Terima Komuni Pertama

Ratusan pelajar menerima Sakramen Komuni Pertama di Katedral Ruteng tahun ini.

Data dari Sekretariat Paroki Katedral Ruteng, sebagian besar peserta adalah pelajar beberapa Sekolah Dasar di wilayah Katedral Ruteng.

ratusan pelajar terima komuni pertama

Komuni Pertama di Katedral Ruteng | Foto: Frans Joseph

Penerimaan Sakramen Komuni Pertama atau sambut baru tersebut dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng pada hari Minggu, 10 April 2016 pukul 08.00 Wita. Pastor Paroki Katedral Ruteng RD Benediktus Bensy saat memimpin perayaan tersebut mengucapkan selamat kepada penerima sakramen juga kepada orangtua dan wali yang hadir.

Romo Bene mengingatkan agar setelah menerima sakramen ini, semua menjadi lebih menghargai ekaristi. Hal tersebut menurutnya dapat ditunjukkan melalui kehadiran pada setiap perayaan ekaristi. Selain itu ungkapan penghargaan juga dapat ditunjukkan melalui kesetiaan menjaga kebersihan dan keindahan gereja. “Tidak coret-coret tembok gereja, tidak buang sampah di dalam gereja,” ungkap Romo Bene.

Pada perayaan tersebut, RD Benediktus Bensy didampingi oleh Pastor Kapelan Katedral Ruteng RD Lian Angkur, Kepala SMPK St. Fransiskus Saverius Ruteng RD Ferry Rusmiadin, Kepala SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng RD Martin Willian Wuang, dan RP Oliver, SDV dari Biara SDV Fathers.

Ratusan Pelajar Terima Komuni Pertama

Jumlah total penerima Sakramen Komuni Pertama tahun ini adalah 347 orang. Berikut rincian penerima berdasarkan nama sekolah dan jenis kelamin:

  1. SDK Ruteng II: Putra sejumlah 27 orang dan Putri sejumlah 25 orang
  2. SDK Ruteng III: Putra sejumlah 38 orang dan Putri sejumlah 35 orang
  3. SDK Ruteng V: Putra sejumlah 32 orang dan Putri  sejumlah 45 orang
  4. SDK Ruteng IV: Putra sejumlah 48 orang dan Putri sejumlah 48 orang
  5. SDI Konggang: Putra sejumlah 23 orang dan Putri sejumlah 24 orang
  6. Dewasa: Putra sejumlah 2 orang

Khusus untuk SD-SD, yang menerima sakramen komuni pertama adalah para pelajar yang duduk di kelas empat. Seluruh petugas liturgi adalah keluarga besar SDI Konggang. Secara keseluruhan, perayaan ekaristi penerimaan komuni pertama di Gereja Katedral Ruteng berlangsung sukses.

Sebelumnya, para peserta mengikuti latihan dan rekoleksi bersama pada hari Jumat (8/4). Selain di Katedral Ruteng, seluruh paroki sekota Ruteng juga melaksanakan penerimaan Sakramen Komuni Pertama pada hari Minggu (10/4) kemarin. (adm)

Foto-foto dapat dilihat di Facebook Page: Katedral Ruteng

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *