Rekoleksi DPP, Membangun Militansi Pengurus

Kita harus membangun niat-niat suci untuk hidup sebagai saudara dalam satu kasih karena Allah yang kita imani adalah Allah yang penuh kasih, dan Allah yang sama menghendaki agar kita hidup dalm kasih-Nya dan dalam kekudusan-Nya. Hal tersebut disampaikan oleh Rm. Herman Ando, Pr dalam Rekoleksi Militansi DPP Katedral, sebagai kegiatan awal dalam rangkaian Rapat Pleno DPP Katedral Ruteng, Minggu (20/1).

Rekoleksi DPP

Sebagian Pengurus DPP Katedral Ruteng | Foto: Bell

Dalam rekoleksi tersebut, Romo Herman mengungkapkan, “Dalam sebuah komunitas mesti dibangun kesadaran dan komitmen untuk menjadikan hidup bersama sebagai sebuah komunitas yang saling mengasihi” Untuk itu, menurut Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng ini, ada lima tekad atau komitmen yang mesti kita letakkan untuk sebuah komunitas kasih yakni Pujian dan Syukur, Persaudaraan, Pemuridan, Pelayanan dan Penyebaran Kabar Baik.

Tentang Pemuridan misalnya, Romo Herman berharap anggota DPP mau menjadi murid yang handal dalam komunitas. “Dengan penuh iman dan kasih, menghayati hidup penuh persaudaraan dan menerima setiap kritikan dan menerima perbaikan sama saudara, seperti kerelaan atau kesediaan untuk saling memaafkan di antara sesama kita sebagai saudara,” kata Romo Herman.

Sukacita menurut Romo Herman juga adalah sesuatu yang akan mampu dicapai oleh setiap orang yang memiliki relasi yang intim dengan Allah. “Setiap orang dalam DPP hendaknya memiliki relasi intim dengan Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus, dan hidup penuh sukacita dalam hukum-hukum Tuhan,” tuturnya. Romo Herman juga menyampaikan beberapa langkah yang tepat untuk membangun relasi yang intim dengan Tuhan, di antaranya dengan meluangkan waktu 15 menit sehari untuk membaca dan merenungkan Kitab Suci, menghadiri perayaan Ekaristi, Rosario pribadi dan mempraktekkan hidup dalam keheningan seturut keluarga kudus.

Usai rekoleksi, kegiatan dilanjutkan dengan Pleno DPP dengan agenda evaluasi kerja tahun 2012 dan rencana kerja tahun 2013. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran, usai rekoleksi mengungkapkan terima kasih kepada Romo Herman atas kesediaannya memberikan peneguhan serta berharap, “Semoga materi rekoleksi ini menguatkan kita sebagai pengurus DPP untuk semakin berupaya maksimal dan memberikan pelayanan terbaik kepada umat.” Rekoleksi ini juga diikuti oleh Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr dan Pastor Kapelan Rm. Beben Gaguk, Pr. (bell)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *