Rm. Ivan: Pesan Pentakosta, Saling Menyapa

Perayaan turunnya Roh Kudus atau Hari Pentakosta adalah peristiwa yang mengingatkan kita agar tetap saling menyapa. “Sapaan kepada sesama adalah hal yang harus senantiasa dilakukan.” Pesan Pentakosta tersebut disampaikan oleh Rm. Ivan Selman, Pr pada Misa kedua Hari Pentekosten di Gereja Katedral Ruteng, Minggu (8/6) jam 08.00 Wita.

Romo Ivan: Pesan Pentakosta, Saling Menyapa

Rm. Ivan Selman, Pr | Foto: Dok. DPP

Kepada umat yang hadir, Romo Ivan dalam kotbahnya mengingatkan kembali bahwa perayaan Pentakosta adalah peringatan kelahiran Gereja Katolik. Dalam momen peringatan hari kelahiran tersebut, umat Katolik diharapkan meneladani sikap atau peristiwa ketika para rasul berkomunikasi dan saling mengerti. “Mereka berbicara satu kepada yang lain di saat yang sama juga mendengar apa yang dibicarakan oleh orang lain. Sikap ini penting dan harus senantiasa diteladani,” tutur Kepala Sekolah SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng ini.

Romo Ivan mengambil contoh tentang betapa saat ini banyak yang terjebak pada sikap atau pola hidup individual. Tak jarang, orang-orang menghindar dari tetangganya, tidak saling menyapa orang-orang di lingkungan tempatnya hidup. “Mungkin karena terlampau sibuk dengan kehidupan pribadi, kita menjadi tidak mempunyai waktu berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Kemudahan teknologi malah membuat kita sibuk menyapa yang jauh melalui media sosial dan melupakan orang-orang di dekat kita,” paparnya. Karenanya Romo Ivan berharap agar momen Pentakosta ini dipakai sebagai pengingat bahwa saling menyapa adalah hal yang sangat penting.

Misa Pentakosta di Paroki Katedral Ruteng dilaksanakan empat kali yakni Sabtu sore (pukul 16.30 Wita) dipimpin oleh Rm. Beben Gaguk, Pr dengan penanggung liturgi wilayah IV dan V. Hari Minggu misa pertama (pukul 06.00 Wita) dipimpin oleh Rm. Emil Jehadus, Pr dengan penanggung liturgi Wilayah I, Misa kedua (pukul 08.00 Wita) dengan petugas liturgi wilayah XIII dan Misa ketiga (pukul 16.00 Wita) dipimpin oleh Rm. Deny Sulbadri, Pr dengan petugas liturgi OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng.

Sementara itu, dalam peringatan hari Pentakosta ini kelompok kategorial PPA (Putra Putri Altar) Lumen Gratiae Katedral Ruteng hari Minggu kemarin mengadakan kunjungan dan pertemuan persahabatan dengan PPA Paroki Kristus Raja Mbaumuku. Kegiatan ini dilaksanakan di Gua Maria Golo Curu mulai jam 08.00 Wita. “Ini adalah kegiatan perkenalan sekaligus agar kelompok PPA kita (Katedral, red) bisa menjalin persahabatan dengan PPA dari Paroki lain,” kata koordinator PPA Lumen Gratiae, Kosmas Karjiin. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *