Rm. Andy: Bijaksana Dalam Bermedia

“Marilah kita memanfaatkan alat-alat komunikasi dengan bijaksana. Pakailah media-media tersebut untuk menyebarkan kebaikan dan bukan sebaliknya.” Ajakan tersebut disampaikan Rm. Andy Latu Batara, Pr dalam kotbah pada peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia yang ke-48, Minggu (1/6) kemarin di Gereja Katedral Ruteng.

Rm. Andy: Bijaksana Dalam Bermedia

Rm. Andy (tengah): Bijaksana dalam Bermedia | Foto: Dok. DPP

Kepada umat yang hadir dalam Misa ketiga di Gereja Katedral Ruteng, Romo Andy mengajak umat untuk lebih bijaksana dalam bermedia. Menurutnya, alat-alat komunikasi yang saat ini kita gunakan seharusnya dipakai untuk menyebarkan kebaikan dan cinta Tuhan. “Hendaklah kita memanfaatkan semua sarana komunikasi dengan bijaksana. Jangan sampai handphone, media sosial, radio, televisi, koran malah kita pakai untuk menyebar fitnah,” paparnya.

Kepala SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng ini juga mengingatkan agar umat tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu negatif yang disampaikan atau diterima dari berbagai media massa saat ini. “Dalam hubungannya dengan ajang pemilihan presiden dan wakil presiden Juli mendatang, hendaknya kita tidak terjebak pada pertengkaran hanya karena ikut dalam pola komunikasi atau kampanye yang salah dan saling serang seperti yang kita lihat di berbagai televisi nasional saat ini,” tambahnya. Gereja menurut Romo Andy menetapkan Hari Komunikasi Sosial Sedunia sebagai bentuk perhatian sekaligus ajakan agar seluruh umatnya benar-benar menjadi orang-orang yang bijaksana dalam bermedia. “Jangan sampai kita menggunakan alat-alat komunikasi untuk memicu perselisihan,” harap Romo Andy.

Sementara itu, Sri Paus Fransiskus pada peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-48 tahun ini menulis pesan: Komunikasi, Budaya Perjumpaan Yang Sejati. Dalam pesan yang disampaikan pada peringatan Santo Fransiskus dari Sales – pelindung Komunikasi Sosial, Paus Fransiskus menegaskan: “Dunia media juga harus peduli akan kemanusiaan; media juga dipanggil untuk menunjukkan kelembutan. Dunia digital dapat menjadi suatu lingkungan yang kaya dalam kemanusiaan; suatu jejaring bukanlah untaian kabel-kabel, tetapi hubungan orang-orang…. Dengan sarana internet, pesan Kristiani dapat menjangkau “sampai ke ujung bumi”(Kis 1:8)”

Seperti dilansir mirifica.net, lebih lanjut Bapa Suci memberikan harapan: “Untuk mendayagunakan teknologi modern dan jejaring sosial sedemikian rupa sehingga mengungkapkan suatu kehadiran yang mendengarkan, mempercakapkan dan mendorong”. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *