Ruteng Gelar 1000 Lilin Untuk Palestina

Hari Minggu (13/7) kemarin, ratusan warga Ruteng mulai dari para pelajar, kamu muda dan orang tua hadir dalam aksi 1000 Lilin Untuk Palestina. Kegiatan tersebut dilaksanakan di pelataran parkir Katedral Ruteng mulai jam 17.30 Wita. Meski berlangsung di tengah gerimis, aksi kemanusiaan tersebut berlangsung khidmat.

warga ruteng gelar 1000 lilin untuk palestina

1000 Lilin Untuk Palestina | Foto: Kaka Ited

Aksi 1000 Lilin Untuk Palestina itu dilaksanakan atas inisiatif OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng, para pemuda lintas agama, seniman-seniman muda di Ruteng dan Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng yang tergabung dalam Komunitas Kita Peduli, dihadiri sekitar 500 peserta. Rm. Beben Gaguk, Pr salah inisiator kegiatan tersebut mengungkapkan, meski dirancang dalam waktu singkat namun cukup peserta yang hadir. “Kami tidak duga bahwa akan sebanyak ini yang datang, terutama anak-anak sekolah. Promo dan undangan kegiatan hanya kami lakukan lewat media sosial dan informasi dari mulut ke mulut. Ternyata berhasil,” tutur Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng ini.

Sementara itu, koordinator aksi 1000 Lilin Untuk Palestina, Armin Bell di hadapan seluruh peserta aksi mengatakan aksi ini dilaksanakan dengan beberapa pesan. “Kita semua harus sadar ini adalah bencana kemanusiaan. Hendaknya kita tidak mudah terpancing dengan upaya pihak lain yang menggiring persoalan ini ke isu agama. Yang jadi korban perang adalah anak-anak dan perempuan, masyarakat sipil yang tak berdosa. Merekalah yang ingin kita doakan hari ini. Sebagai sesama manusia, kita wajib menolong siapapun yang menderita tanpa perlu memandang suku, agama dan ras atau latar belakang lainnya,” tutur cerpenis dan blogger asal Ruteng ini. “Ini aksi kemanusiaan, karena kita semua peduli,” paparnya lalu mengajak peserta yang hadir untuk berdoa dalam hati selama sekitar dua menit bagi korban perang dan perdamaian dunia.

Pada kesempatan tersebut tersebut, juga dilaksanakan penggalangan dana melalui kotak kolekte yang disebar ke para peserta. Terkumpul dana sebesar Rp. 1.339.500,- yang langsung disalurkan melalui rekening PMI Pusat. Seperti diketahui, Palang Merah Indonesia telah membuka beberapa rekening khusus untuk aksi kemanusiaan di Palestina. Kepala Markas PMI Kabupaten Manggarai Tommy Hikmat yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, “Aksi 1000 Lilin Untuk Palestina adalah kegiatan yang hebat. Bukti bahwa orang-orang Ruteng, terutama pelajar benar-benar menjadi bagian dari komunitas internasional dengan menunjukkan kepedulian yang tinggi.”

Pada bagian akhir rangkaian acara 1000 Lilin Untuk Palestina tersebut, para peserta aksi bersama-sama menyanyikan lagu Heal The World yang dipopulerkan oleh Michael Jackson. Tampak hadir para biarawati dari beberapa komunitas di Ruteng, para aktivis pemuda dan lingkungan hidup dan para seniman muda. Juga tampak Ketua Yayasan STKIP St. Paulus Ruteng Rm. Gerardus Janur, bersama Rm. Dr. Manferd Habur dan Rm. Dr. Ino Sutam. Ketiganya memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Setelah acara, beberapa umat muslim yang ikut hadir melakukan buka puasa di LG Corner Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *