Sakramen Diarak ke Kapela Adoremus Te

Peringatan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus (22/6) kemarin di Paroki Katedral Ruteng diwarnai dengan prosesi sakramen Ekaristi Maha Kudus. Ribuan umat ikut dalam kegiatan tersebut dengan khidmat.

sakramen diarak ke kapela adoremus te

Prosesi Sakramen Maha Kudus | Foto: Kaka Ited

Prosesi diawali dengan perayaan ekaristi di Gereja Katedral Ruteng pada jam 08.00 Wita, dipimpin oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng, RD Daniel Sulbadri, Pr, didampingi oleh Pastor Kapelan RD Beben Gaguk, Pr, RD Andy Latu Batara, Pr dan Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Ruteng, RD Ompu Lasma Latu, Pr. Dalam kotbahnya, Romo Ompy mengingatkan tentang pentingnya ekaristi. Ilustrasi tentang kisah Santa Faustin diangkat sebagai salah satu contoh betapa ekaristi adalah hal yang sangat penting dalam Gereja Katolik. “Karena itu, kita semua harus menghargai ekaristi. Mengikuti misa dengan sungguh-sungguh, karena sungguh Tuhan Yesuslah yang hadir di sana,” jelas Romo Ompy.

Setelah Misa, umat langsung berarak menuju ke Kapela Adoremus Te dalam prosesi Sakramen Maha Kudus. Lagu-lagu pujian dinyanyikan dan doa-doa didaraskan sepanjang prosesi. Perarakan tersebut melalui rute yang sudah ditentukan panitia, yakni dari Gereja Katedral menuju Timur (perempatan SMIP Sadar Wisata) sebagai titik pemberkatan pertama, kemudian bergerak ke arah Utara ke lokasi pemberkatan kedua yakni di pertigaan kompleks DPRD Kabupaten Manggarai, selanjutnya menuju ke arah Barat sampai ke Gereja St. Yosef (Katedral Lama), belok kanan ke arah Utara sampai di depan Kapela Adoremus Te sebagai titik pemberkatan terakhir sebelum sakramen ditahtakan di dalam kapela adorasi tersebut.

Ribuan umat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus dengan khidmat. Pada hari itu, Misa hanya dilaksanakan satu kali. Koor disiapkan oleh empat kelompok paduan suara di Paroki Katedral Ruteng yakni, PS Sangkakala dan PS OMK Lumen Gratiae pada perayaan ekaristi di Gereja Katedral serta PS Sisilia dan PS Sonora pada pentahtaan sakramen di Kapela Adoremus Te. Sementara itu, petugas liturgi lainnya adalah penabuh gong dan gendang (inkulturasi) dari Mbaru Gendan Rowang, penari dari SMAK Setia Bakti Ruteng, Legio Maria, PD St. Paulus, Biara Hamba-Hamba Ekaristi dan SDV Sisters serta PPA Lumen Gratiae Katedral Ruteng.

Pastor Paroki Katedral Ruteng Romo Deny dalam sambutannya usai pentahtaan mengucapkan terima kasih atas partisipasi umat, tim kerja serta donatur dalam kegiatan itu. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *