Seksi Pendidikan DPP Siapkan Calon Peserta UN 2013

Seksi Pendidikan DPP Katedral Ruteng, mengambil langkah penting dalam rangka meningkatkan prosentase kelulusan peserta Ujian Nasional UN pada sekolah-sekolah yang berada di wilayah Katedral Ruteng. Kegiatan tersebut dimulai berapa hari terakhir dan diikuti oleh calon peserta ujian nasional dari beberapa sekolah di wilayah Katedral Ruteng, seperti SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng, SMK Sadar Wisata Ruteng dan hari ini (19/3) SMP St. Petrus Ruteng dan SMP Negeri Langke Rembong. Sekolah-sekolah lain juga akan mendapatkan pembekalan serupa.
Romo Beben dalam Meditasi Visualisasi (foto: Dok. DPP)
Ketua seksi pendidikan Siprianus Bos mengungkapkan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk perhatian gereja pada kualitas pendidikan di wilayah ini. Yang dilakukan pada persiapan ini adalah membantu calon peserta UN menghadapi ujian tanpa rasa cemas. “Banyak yang cemas saat menghadapi UN, dan kecemasan itu mempengaruhi mental mereka serta bisa mengganggu konsetrasi saat mengerjakan soal UN,” tuturnya. Wakasek Kesiswaan di SMAK St. Fransiskus Saverius ini menambahkan untuk itulah maka dalam kegiatan ini, calon peserta UN mendapatkan materi mental block dan mind re-set serta diajarkan meditasi visualisasi oleh pendamping Rm. Beben Gaguk dan Armin Bell.
Romo Beben Gaguk menuturkan, kebanyakan peserta menjadi cemas karena memasukkan banyak hal-hal negatif ke dalam pikirannya. “Ketika menghadapi UN, yang mereka pikirkan adalah bagaimana kalau tidak lulus. Pikiran tentang ketidaklulusan itulah yang membuat mereka cemas, maka kita mau mengajak mereka untuk berpikir positif yakni tentang kelulusan. Dengan berpikir tentang kelulusan, maka mereka hanya akan melakukan sesuatu yang terkait dengan kelulusan itu yakni belajar. Dalam meditasi visualisasi mereka diajak untuk melihat masa depan dengan cara positif” jelasnya. Sementara itu menurut Armin Bell, ketika kecemasan mewarnai pikiran maka seseorang akan sulit melakukan hal-hal yang baik. Menurutnya, “Kecemasan hanya akan membuat kita ragu dan orang yang ragu tidak tahu apa yang harus dia lakukan untuk berhasil.”
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Assumpta Katedral Ruteng tersebut mendapat apresiasi dari para guru. Anggalus Aga, guru SMP Negeri 2 Langke Rembong mengatakan, “Kami bersyukur karena gereja ikut ambil bagian pada persiapan psikologi calon peserta UN. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki, DPP Katedral dan pendamping atas perhatian besar ini. Saya yakin kegiatan ini bermanfaat sangat besar untuk anak-anak didik kami pada Ujian Nasional bulan April mendatang.” (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *