September Ini di Katedral Ruteng

Agenda September ini di Katedral Ruteng

Dari Pengecatan Ulang sampai Pembuatan Monumen 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai

Tanggal 23 September 2012 mendatang, Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng akan memasuki usia 92 tahun. Perayaan Ulang Tahun tersebut akan diwarnai juga dengan penerimaan Sakramen Krisma bagi sekitar 1.800 umat Katedral oleh Mgr. Hubertus Leteng. Saat ini para calon penerima Krisma sudah mendapatkan pembinaan oleh pihak sekolah dan pastor.

September ini di Katedral Ruteng

Gereja Katedral Ruteng | Foto: Armin Bell

Sementara itu, salah satu bentuk syukur atas anugerah tersebut, saat ini bangunan Gereja Katedral sedang dipercantik. Hingga saat ini, proses pengecatan ulang memasuki tahap pengecatan dasar. Sebelumnya proses awal pengelupasan cat dilakukan oleh tim THS/THM ranting Katedral Ruteng, namun karena berbagai pertimbangan, pekerjaan ini dilanjutkan oleh tukang bangunan profesional sampai saat ini. Seperti diketahui, proses pengecatan ulang Gereja Katedral Ruteng melewati tiga tahapan yakni pengelupasan cat lama yang dilanjutkan dengan dempul, terutama pada bagian yang sudah mulai berjamur, kemudian pewarnaan dasar dan selanjutnya pengecatan terakhir.

Kegiatan pembangunan fisik lainnya di Gereja Katedral Ruteng pada bulan September ini adalah pembuatan monumen 100 tahun Gereja Katolik Manggarai. Saat ini proses pengerjaannya telah rampung 60 %. Monumen tersebut dirancang oleh Very ‘Peik’ Paus, dengan persetujuan dari seksi monumen Panitia 100 tahun Gereja Katolik Manggarai dan Uskup Ruteng.

Monumen tersebut berbentuk bahtera, dengan prasasti di atasnya. Dalam rencana, prasasti tersebut akan ditandatangani oleh Uskup RutengĀ  Mgr. Hubertus Leteng dan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi pada puncak perayaan Yubileum bulan Oktober mendatang. Monumen 100 tahun Gereja Katolik Manggarai, dibuat di atas kolam yang ada di pelataran Gereja Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

6 gagasan untuk “September Ini di Katedral Ruteng

  1. SYUKUR PADAMU TUHAN…BENIH ITU TELAH TUMBUH DAN TERUS MENGHASILKAN BUAH…BRAVO KATEDRALKU TERCINTA…….TERIMA KASIH ATAS BENIH IMAN…DAN RAHMAT PANGGILAN YANG TELAH KAU TUMBUHKAN….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *