September Ini, Katedral Ruteng 95 Tahun

Paroki Katedral Ruteng kini genap berusia 95 tahun. Paroki sulung di Keuskupan Ruteng ini berdiri pada tanggal 23 September 1920, ditandai dengan penetapan Ruteng sebagai stasi induk karya misi untuk Wilayah Manggarai Tengah. Perayaan Katedral Ruteng 95 tahun ini dimeriahkan berbagai kegiatan.

katedral ruteng 95 tahun

Katedral Ruteng | Foto: Kaka Ited

Dalam rangka peringatan ulang tahun ke-95 tersebut, Dewan Pastoral Paroki DPP Katedral Ruteng bersama umat melaksanakan berbagai kegiatan, seperti pertandingan volley antar wilayah, lomba catur, tarik tambang, lomba mewarnai untuk anak-anak Sekami. Selain kegiatan pertandingan dan perlombaan, rangkaian peringatan HUT Katedral Ruteng 95 tahun ini juga akan diisi dengan pendalaman Kitab Suci dan Katekese umat di setiap KBG. Upacara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2015 melalui perayaan ekaristi dan pesta umat.

Wakil Ketua II DPP Katedral Ruteng Simon Manggu yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Ulang Tahun Paroki mengatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan memiliki beberapa tujuan, termasuk menyadarkan umat Katolik akan hakekat Paroki sebagai bagian gereja lokal yang solid, mandiri dan solider. Hal tersebut disampaikannya pada upacara pembukaan rangkaian kegiatan peringatan HUT Katedral Ruteng 95 tahun di pelataran parkir Katedral Ruteng, Minggu (13/9) kemarin.

Hadir pada upacara tersebut, para peserta kegiatan dari 15 wilayah yang ada di Paroki Katedral Ruteng, para pengurus wilayah dan kelompok kategorial. Upacara pembukaan dipimpin oleh Pastor Kapelan Katedral Ruteng RD Lian Angkur. Menurut Simon Manggu, berbagai pertandingan, lomba dan kegiatan lain yang digelar selama sekitar dua pekan juga bertujuan menanamkan dan meningkatkan iman umat serta menyadarkan umat akan gerak langkah pelayanan Paroki sebagai institusi gereja yang resmi.

Umat Harus Terlibat Aktif

Sementara itu Romo Lian dalam amanatnya mengharapkan agar seluruh umat dari 95 KBG di Paroki Katedral melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan-kegiatan tersebut dengan tetap menjunjung tinggi semangat sportivitas dan penuh sukacita. Pembagian hadiah dan penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada saat perayaan ekaristi puncak ulang tahun Paroki Katedral Ruteng.

Dalam usia 95 tahun ini, berbagai perubahan telah terjadi di Paroki Katedral Ruteng. Pembangunan aula baru Katedral Ruteng adalah salah satu bentuk perubahan yang nampak. Tahun ini, proses pembangunan aula mengalami perkembangan yang cukup berarti dengan dimulainya pengerjaan dinding. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *