Sukses, Misa KBG Jelang Natal

DPP Katedral Ruteng kembali melaksanakan Misa di semua Kelompok Basis Gerejawi (KBG) yang ada di 13 Wilayah Paroki Katedral Ruteng. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 1 sampai 12 Desember 2014.

Sukses, Misa KBG Jelang Natal 2014

Paduan suara anak-anak pada Misa KBG Jelang Natal | Foto: Armin Bell

Misa KBG tersebut adalah yang kedua pada tahun 2014, setelah sebelumnya dilaksanakan pada masa pra paskah. Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan, pelaksanaan Misa KBG sebanyak dua kali dalam setahun adalah hasil pleno DPP dan bertujuan mendekatkan pelayanan kepada umat. “Ketika pertama kali dilaksanakan pada prapaskah, banyak umat yang antusias. Hal serupa juga terjadi pada pelaksanaan di masa adven,” tuturnya. Ditambahkannya, selain perayaan ekaristi, kunjungan ke umat basis tersebut juga dimanfaatkan untuk penerimaan sakramen pengakuan atau tobat pribadi serta sosialisasi hal-hal penting dari paroki.

“Pada prinsipnya, teknis kegiatannya sama seperti pada masa pra paskah, tetapi kali ini ada beberapa hal yang berbeda. Kali lalu materi sosialisasi kita adalah tentang LG Corner dan lain-lain, tahun ini lebih kepada semacam laporan atas apa yang sudah dibuat paroki terkait sosialisasi sebelumnya, misalnya tentang kelompok ternak babi, ayam pedaging dan beberapa hal lain,” tambah Ketua DPP.

Selain itu, pada kesempatan yang sama kepada umat di setiap KBG juga dijelaskan tentang pembangunan aula baru Katedral Ruteng yang pada tahun 2014 berjalan sesuai rencana. Seperti diketahui, pada awal tahun dicanangkan rencana pendirian rangka baja dan atap sebagai target kerja panitia pembangunan aula. Target tersebut akhirnya tercapai, sehingga saat ini aula baru telah dapat disewapakai. “Umat perlu mengetahui hal tersebut sehingga menjadi sadar bahwa upaya pengumpulan dana pembangunan baik melalui sumbangan pembangunan maupun kolekte yang dilakukan selama setahun terakhir tidak sia-sia,” jelas Erlan yang juga menambahkan bahwa untuk kelanjutan pembangunan dibutuhkan kerjasama umat seperti yang telah terjadi selama ini; dengan mengumpulkan sumbangan pembangunan aula bagi yang belum lunas maupun melalui kolekte pembangunan.

Tobat Pribadi

Seperti diketahui, kesempatan Misa KBG jelang Natal juga dipakai sebagai kesempatan pelayanan pengakuan/tobat pribadi umat. Dalam pelaksanaannya, banyak umat yang dilayani menyampaikan ucapan terima kasih atas program Misa KBG ini. Romo Ompy Latu, Pr salah seorang dari duabelas imam yang melayani Misa KBG jelang Natal tersebut juga merasakan hal yang sama. “Ini program yang bagus. Semakin banyak umat yang berhasil mendapatkan pelayanan atau perhatian gereja secara langsung. Umat merindukan kunjungan imam seperti ini,” tutur Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Ruteng ini yang juga menjelaskan bahwa kehadiran banyak umat pada setiap Misa KBG menunjukkan musim semi iman.

Berjalan dengan baik

Secara keseluruhan, kegiatan Misa KBG jelang Natal 2014 berjalan dengan baik. Hal tersebut muncul dalam evaluasi yang dihadiri oleh para imam dan pendamping imam yang selama kegiatan melakukan sosialisasi. “Memang ada pertanyaan umat yang tidak bisa langsung dijawab saat kunjungan tersebut tetapi itu akan menjadi catatan untuk pleno DPP agar pada penyusunan program kerja tahun berikutnya dapat terjawab,” tutur Inosentius Peni, pendamping imam yang juga Ketua Dewan Keuangan Paroki (DKP) Katedral Ruteng.

Beberapa catatan tersebut menurut Ketua DKP di antaranya adalah tentang cara meningkatkan partisipasi umat dalam pengumpulan Iuran Paroki Mandiri atau IPM. “Seluruh pendamping sudah syering, hal-hal positif yang dilakukan satu KBG diharapkan bisa menjadi contoh untuk KBG lain.” tuturnya. Selain itu menurut Ino, hal yang paling penting adalah agen-agen pastoral yang kuat mulai dari tingkat KBG, Wilayah sampai DPP. “Kita berharap pengurus yang terpilih akan semakin baik dan solid,” pungkasnya terkait rencana pemilihan pengurus baru. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *