Swardika 11 Bertema Tolong Menolong

Buletin dua bulanan Paroki Katedral Ruteng, Swardika, kini hadir lagi. Terbitan kali ini adalah edisi ke – 11 sejak media komunikasi internal paroki ini terbit pada tahun 2012 silam.

Swardika 11 tentang tolong menolong

Swardika Edisi 11

Pada edisi ini, Swardika hadir dengan tema tolong menolong. Pastor Paroki Katedral Ruteng, Rm. Daniel Sulbadri dalam pengantar di buletin tersebut mengungkapkan, “Keindahan hidup manusia baru akan terasa, manakala hidup kita membawa makna bagi kehidupan sesama.” Hal tersebut merupakan refleksi atas beberapa liputan dengan tema saling menolong pada terbitan Swardika kali ini di antaranya tentang kehadiran tamu dari Austria yang ikut membantu pembangunan aula Katedral, kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh DPP Katedral Ruteng dan berbagai liputan menarik lainnya.

Sementara itu, Pemred Swardika Rm. Beben Gaguk, Pr dalam sapaannya mengungkapkan tolong menolong secara sederhana berarti memberikan sesuatu yang ada pada kita kepada orang lain. Meski demikian, semua orang diingatkan untuk tidak berharap akan menerima sesuatu ketika menolong orang lain. “Baku tolong yang ditandai dengan pemberian diri ini, hendaklah sesuatu yang tanpa pamrih dan bukan do ut des: memberi untuk mendapatkan kembali,” papar Rm. Beben.

Sebaliknya, kita juga diingatkan untuk tidak lantas menjadi pasif ketika menerima bantuan. “Bantuan orang lain kiranya hanya menjadi stimulus atau rangsangan bagi kita untuk berusaha dan memberi arti dalam hidup. Dengan kata lain, kebaikan orang tidak boleh melahirkan sikap ketergantungan,  yang pada akhirnya membentuk identitas baru sebagai ‘Obyek Penerima’ atau bahkan ‘Obyek Penderita’,” jelas Pastor Kapelan Katedral Ruteng ini.

Swardika kali ini hadir dengan liputan-liputan menarik. Selain kunjungan dari umat Austria dan informasi tentang layanan kesehatan bagi lansia, buletin dua bulanan ini juga berisi berita tentang keikutsertaan Toko Buku Gratiae pada pameran pembangunan 2014 serta penampilan seniman muda OMK Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng pada puncak kongres pemuda Manggarai Raya. Sementara itu, kolom keuskupan hadir dengan berita tentang surat gembala Uskup Ruteng terkait Sinode III Keuskupan Ruteng. Berita tentang kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional 2014 di Katedral Ruteng juga mewarnai Swardika edisi ini. Hadir 12 halaman, Swardika bisa diperoleh dengan harga Rp. 5.000,-. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *