Tahun Persekutuan di Katedral, KBG dan Kelompok Kategorial Diperkuat

Tahun 2018 ditetapkan sebagai Tahun Persekutuan berdasarkan rekomendasi Sinode III Keuskupan Ruteng. Di Paroki Katedral Ruteng, penguatan KBG dan Kelompok Kategorial menjadi perhatian.

tahun persekutuan di katedral kbg dan kelompok kategorial

Misa di Katedral Ruteng | Foto: Frans Joseph

Hari Minggu, 14 Januari 2018 lalu DPP Katedral Ruteng menggelar rapat pleno pertama untuk tahun ini. Berbagai hal dibicarakan dalam rapat tersebut. Salah satu topik utamanya adalah pencanangan Tahun Persekutuan.

Tahun Persekutuan di Katedral, KBG dan Kelompok Kategorial Diperkuat

Gereja lokal Keuskupan Ruteng telah menetapkan tahun 2018 sebagai Tahun Persekutuan. Sehubungan dengan keputusan Sinode III Keuskupan Ruteng tersebut, DPP Katedral Ruteng pada tahun ini akan menempatkan kehidupan di KBG sebagai titik perhatian utama. Peserta rapat pleno tersebut berharap agar momen ini dapat menguatkan persekutuan di kalangan umat beriman melalui perhatian yang diberikan kepada umat yang miskin, lemah, sakit dan tak berdaya.

Masih tentang Komunitas Basis Gerejani atau KBG, Pleno DPP Katedral Ruteng merencanakan penguatan KBG menuju KBG ideal, di mana diharapkan jumlah keluarga per KBG adalah antara 15 – 20 KK. Dengan demikian, KBG yang selama ini hanya memiliki 10 KK diharapkan bergabung dengan KBG terdekat, sedangkan KBG dengan jumlah keluarga di atas tiga puluh akan dimekarkan.

Untuk kepentingan tersebut, pengurus KBG diminta untuk secara proaktif melaporkan kelahiran baru serta segera melakukan pemutakhiran umat. Saat ini telah tersedia SMS dan Call Center Paroki yang dapat dipakai untuk kepentingan pemutakhiran umat, baik kelahiran baru maupun umat yang meninggal dunia.

Selain mengarahkan perhatian pada KBG, di tahun 2018 ini juga akan dilakukan penguatan kelompok kategorial seperti Sekami, PPA, OMK, THS-THM, Legio Mariae, Persekutuan Doa St. Paulus, WKRI, Katekis St. Benediktus, dan lain-lain. Hal lain yang juga direncanakan pada Tahun Persekutuan ini adalah ditingkatkannya kunjungan Imam ke asrama, KBG, rumah umat dan biara.

Pencanangan tahun persekutuan di Paroki Katedral Ruteng akan dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan aksi Gesar pada perayaan ekaristi Mingguan tanggal 27 dan 28 Januari 2018. (max)

Ed: Armin Bell

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *