Teater Rahasia Pengakuan Memukau

Pentas Teater OMK Lumen Gratiae Lumen Gratiae berhasil membuka perayaan Pekan Suci di Paroki Katedral Ruteng dengan warna yang berbeda. Seperti diinformasikan sebelumnya, OMK Lumen Gratiae hari Minggu (13/4) kemarin mementaskan Teater Rahasia Pengakuan, sebuah naskah yang ditulis oleh Rm. Edy Menory, Pr. Pentasan berdurasi 1,5 jam tersebut berhasil memukau sekitar 400 penonton yang memadati Aula Assumpta Katedral Ruteng.

Teater Rahasia Pengakuan Memukau

Pemain dan Tim Kerja bersama Uskup Ruteng usai pementasan | Foto: Kaka Ited

Pentasan dimulai tepat jam 19.00 Wita. Diawali dengan ucapan selamat datang dari Moderator OMK Lumen Gratiae Rm. Beben Gaguk, Pr. Dalam sambutannya Rm. Beben mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya kaum muda memberi warna pada perayaan paskah. “OMK Lumen Gratiae ingin menunjukkan talenta yang mereka punya bagi Gereja. Kebetulan naskah ini juga berisi cerita menarik tentang relasi umat dengan Imamnya serta bagaimana Imam bertanggungjawab atas tugas imamatnya. Ini adalah katekese tentang pengakuan melalui teater,” kata Rm. Beben.

Teater Rahasia Pengakuan memang berisi kisah menarik seputar hubungan Imam (Pastor Paroki) dengan umatnya dalam karya kegembalaannya. Kedekatan Imam dengan umat terutama kaum perempuan, tidak pernah terlepas dari kecurigaan pada munculnya ‘motivasi lain’. Konflik muncul ketika ada umat yang melakukan tindakan luar biasa, yakni menghilangkan nyawa dari seorang Ibu yang dianggap dekat dengan Pastor Paroki mereka. Setelah melakukan pembunuhan, si pembunuh mengaku dosanya pada Pastor Paroki mereka. Sayangnya, si pembunuh melakukan aksinya dengan menggunakan jubah yang dicurinya dari kamar jemur pastoran. Alhasil, si Pastorlah yang dituduh membunuh. Leraian pada teater ini adalah ketika Pastor Paroki tidak membongkar rahasia pengakuan demi kesetiaan pada janji imamatnya, meski itu merugikan dirinya sendiri.

Naskah lima babak ini dimainkan dengan sangat baik oleh Fendy Dasman, Eltin Damond, Lorens Waso, Veren Dugis dan kawan-kawan.  Di bawah arahan sutradara Armin Bell, mereka berhasil menghadirkan pentasan yang memukau. Tata panggung yang apik, pencahayaan yang mendukung, serta musik dan lagu yang sesuai, menjadi kekuatan yang membuat penonton betah sampai selesai. Menurut Armin, tantangan terbesar ketika menangani Rahasia Pengakuan adalah menghadirkan sesuatu yang baru. “Naskah ini sudah berulangkali dipentaskan. Mau tidak mau harus ada sesuatu yang baru yang bisa ditawarkan. Karena itu selain memberi sentuhan beda pada naskah, bersama tim produksi kami memikirkan tata panggung yang maksimal. Puji Tuhan, panggung tidak hanya hadir sebagai latar tetapi juga sebagai cerita,” papar Armin.

Sementara itu, keberhasilan pentasan ini tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak. Rm. Beben yang juga produser pentas mengucapkan terima kasih kepada para pendukung: DPP Katedral Ruteng, Tim Kerja Paskah 2014, SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng, PT. Wings, THS/THM Ranting Katedral Ruteng serta donatur yang bertindak atas nama pribadi maupun komunitas. “Terutama terima kasih kepada Ferry ‘Peik’ Paus untuk tata panggung, Jimmy Haryanto untuk lighting, Acik ‘Chikko’ Jansen di musik, Nandez Sampur untuk properti dan lain-lain. Juga untuk anggota-anggota senior OMK Lumen Gratiae yang mendukung adik-adik mereka. Dan terima kasih kepada para penonton yang sangat apresiatif,” jelasnya.

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng tampak hadir di deretan penonton dan menikmati seluruh pentasan tersebut bersama Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pr, Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran dan penulis naskah Rm. Edy Menori, Pr. Usai pentas, Uskup Ruteng mengucapkan profisiat kepada seluruh tim dan berharap pentasan seperti ini terus dilakukan di waktu-waktu yang akan datang. Sementara itu, Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran mengatakan, pihaknya akan berupaya agar video pentas yang dikerjakan oleh videografer Kaka Ited dari Cakra Studio Ruteng dapat diunggah ke website katedralruteng.com. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Satu gagasan untuk “Teater Rahasia Pengakuan Memukau

  1. Ping-balik: Semua Suka Rahasia Pengakuan - Arbell Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *