Tentang Kesadaran Baru di Paroki Katedral Ruteng

Dalam setiap terbitan Swardika – Buletin dua bulanan milik Paroki Katedral Ruteng, Ketua DPP Katedral Ruteng selalu menulis catatan yang dalam buletin tersebut mengisi kolom Suara DPP. Pada edisi Swardika yang ke sembilan, sesuai dengan tema terbitannya, DPP Katedral Ruteng menulis tentang kelahiran. Berikut Suara DPP edisi Desember 2013 – Januari 2014.

Salam sejahtera untuk kita semua,

Umat Katedral terkasih, tidak ada kata terlambat untuk ucapkan Selamat Pesta Natal 25 Desember 2013 dan Bahagia Tahun Baru 01 Januari 2014 khususnya bagi pelanggan dan pembaca setia Swardika. Momentum perayaan tahun baru pada hakikatnya adalah momen refleksi meninggalkan yang lama menuju yang baru. Proses ini dalam tataran tertentu identik dengan proses kelahiran. Lahirnya suatu kehidupan baru akan menggantikan kehidupan yang lama.

Dalam konteks hidup beriman, momen ini mengajak kita untuk meninggalkan kehidupan kita yang lama, yang tidak up to date, yang tidak mendengar dan mengandalkan Tuhan, yang berhura-hura dan berfoya-foya, yang tidak peduli dengan sesama dan lingkungan.

Mengawali tahun yang baru kita dilahirkan kembali untuk menjadi pribadi-pribadi yang mau mendengar dan mengandalkan Tuhan, peka terhadap kesulitan hidup sesama, memperhatikan dan memperlakukan lingkungan hidup lain sebagai sesama ciptaan, solid dalam setiap gerakan bersama menuju kehidupan yang lebih baik, mandiri dan solider.

Memaknai tahun 2014 yang baru saja kita masuki, sebagai Paroki kita juga telah mengalami beberapa proses kelahiran baru, katakanlah sebagai contoh lahirnya LG Corner yang merupakan semayam dari beberapa unit usaha milik Paroki Katedral Ruteng yakni: Toko Buku Gratia, Kios Sembako yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau, Hot Spot untuk berselancar dalam dunia maya, Taman Bacaan sebagai sarana dan media konkrit mensosialisasikan gemar membaca, Kuliner yang menyediakan berbagai masakan dan makanan berat dan ringan serta Fotokopi untuk melayani dan mendukung kegiatan sekolah dan masyarakat sekitar.

Konsep hall terbuka yang diusung LG Corner memberikan ruang dan makna keterbukaan, LG Corner dapat digunakan untuk kegiatan apa saja. Latih koor boleh, rapat terbatas bisa, diskusi terbuka juga tidak soal. Lebih jauh LG Corner hadir sebagai tempat singgah bagi siapa saja. Mari kita manfaatkan semaksimalnya. Up Grade Blog Paroki menjadi Website Paroki juga kelahiran lain yang perlu dimaknai secara positif. Tidak dapat disangkali di tengah perkembangan dunia teknologi dan komunikasi, kita juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi untuk mendukung karya-karya pastoral. Website: www.katedralruteng.com hadir sebagai media dan sarana informasi bukan saja dari, oleh dan untuk umat Katedral tapi untuk siapa saja yang membutuhkan informasi terkait perkembangan Paroki Katedral Ruteng sebagai representasi Gereja Katolik Manggarai.

Kita masih menunggu kelahiran Aula Paroki yang sedang berproses. Dari lubuk hati yang paling dalam DPP ucapkan limpah terimakasih  kepada seluruh umat yang telah mengambil bagian dengan caranya masing-masing dalam proses persalinannya disertai permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena pencanangan aula berdiri di akhir tahun 2013 tidak terealisasi karena pelbagai situasi lapangan. Kita optimis tahun 2014 ini aula kita akan berdiri.

Akhir kata, mari tetap bergandengan tangan bahu membahu menjadikan Paroki Katedral sebagai Paroki Sulung yang Ulung. Jika ada rencana dan niat baik yang belum dilaksanakan pada 2013, maka pada tahun 2014 lah saat yang tepat untuk melaksanakannya. Jangan menunda lagi dan segeralah bergegas karena waktunya telah tiba…

Ketua DPP

Erlan Yusran

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *