Terkait Pilkada, Uskup: Jangan Ada Kebencian

Terkait Pilkada di dua Kabupaten di Keuskupan Ruteng yakni Manggarai dan Manggarai Barat, Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng memanfaatkan momentum Natal 2015 ini untuk menyerukan pentingnya semangat persaudaraan di antara kita sebagai wujud nyata belas kasih atau kerahiman Allah.

jangan ada kebencian

Uskup Ruteng, Mgr. Hubert Leteng | Foto: Dok DPP Katedral

Jangan Ada Kebencian

Melalui Surat Gembala Advent dan Natal 2015 yang dikeluarkan tanggal 4 Desember 2015, Mgr. Hubert mengajak agar belas kasih Allah nyata dalam semangat persaudaraan. “Secara khusus berkaitan dengan peristiwa pemilukada di kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat, kami mengajak agar belaskasih Allah ini nyata dalam semangat persaudaraan di antara kita,” tulis Bapa Uskup. Seluruh umat juga diajak untuk mendukung hasil Pilkada dengan jiwa besar.

Dalam surat yang sama, Mgr. Hubert menulis: “Jangan ada kebencian dan permusuhan. Kita dukung hasil pemilukada dengan jiwa besar. Yang menang harus siap mengabdi dan merangkul semua demi kemajuan masyarakat. Yang kalah tak berkecil hati dan siap mendukung kegiatan pembangunan yang berkelanjutan.”

Natal adalah Peristiwa Cinta Mesra

Secara umum, Surat Gembala Advent dan Natal 2015 dari Uskup Ruteng berbicara tentang belas kasih dan kerahiman Allah. Hal tersebut sejalan dengan tahun Yubileum Agung Kerahiman Ilahi. Dalam surat gembal tersebut, Uskup Ruteng mengingatkan bahwa Natal adalah peristiwa cinta mesra Allah kepada umat manusia. “Karena kasihNya yang begitu besar, Dia rela senasib dengan kita manusia, terlibat dalam suka duka hidup kita untuk menghantar kita menuju kepenuhan ilahi,” tulis Uskup.

Pada bagian lain, surat gembal tersebut juga menginformasikan pencanangan tahun 2016 di Keuskupan Ruteng sebagai tahun pertama implementasi Sinode III dengan tema: “Liturgi: sumber kerahiman ilahi dan puncak kehidupan umat beriman”. Dalam rangka mengisi tahun liturgi 2016, seluruh umat diundang untuk terlibat dalam berbagai gerakan dan program pastoral liturgi dalam tingkat keuskupan, kevikepan, paroki, stasi, KBG, dan keluarga maupun dalam lingkungan pekerjaan dan pendidikan. Di Gereja Katedral Ruteng, Surat Gembala Advent dan Natal 2015 Uskup Ruteng dibacakan pada Misa Sabtu dan Minggu, 19 dan 20 Desember 2015. (swa)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *