Ulang Tahun ke 97 Katedral Ruteng Diisi Banyak Agenda Menarik

Dalam rangka memeriahkan ulang tahun Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef, Katedral Ruteng, Panitia dan Dewan Pastoral Paroki menyiapkan berbagai agenda menarik.

ulang tahun 97 katedral ruteng diisi agenda menarik

Gereja Katedral Ruteng, Flores | Foto: Frans Joseph

Seperti diketahui, tahun ini Paroki Katedral Ruteng, Flores akan merayakan ulang tahun ke – 97. Berdasarkan SK Uskup Ruteng Nomor 311/III/1/2011, tanggal 23 September ditetapkan sebagai hari ulang tahun paroki ini, merujuk pada ditetapkannya Ruteng sebagai stasi induk karya misi untuk wilayah Ruteng pada tanggal 23 September 1920.

Sejak penetapan tanggal tersebut pada tahun 2011, perayaan HUT Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef, Katedral Ruteng selalu diisi berbagai kegiatan menarik. Tahun 2012 misalnya, diisi dengan kegiatan Malam Kuliner 92 yang juga menjadi kegiatan pertama di Ruteng dengan konsep warung makan terluas dengan iringan live music, bertempat di pelataran parkir Katedral Ruteng.

Pada tahun 2017 ini, Dewan Pastoral Paroki dan Panitia HUT ke-97 Katedral Ruteng menyiapkan beberapa agenda kegiatan, mulai dari aksi sosial kemanusiaan seperti donor darah, sampai pada aneka pertandingan dan lomba.

Berikut daftar lengkap rangkaian kegiatan HUT ke 97 Paroki Katedral Ruteng:

Pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan golongan darah dan donor darah

  1. 3 September 2017: Dilaksanakan di dua tempat yakni di wilayah 9 untuk umat dari Wilayah 8 dan 9 dan di Wilayah 6 untuk umat dari Wilayah 6 dan 7.
  2. 10 September 2017: Dilaksanakan di Wilayah 12, untuk umat Wilayah 10, 11 dan 12.
  3. 17 September 2017: Dilaksanakan di dua tempat yakni Wilayah 5 untuk umat dari Wilayah 4, 5 dan 14, dan di Wilayah 13 untuk umat dari Wilayah 13 dan 15.
  4. 21 September 2017: Dilaksanakan di Wilayah 3, untuk umat dari Wilayah 1, 2 dan 3.

Pasar Murah dan Kuliner

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 24 September 2017. Pasar Murah dan Kuliner digelar di Aula Baru Katedral Ruteng.

Pertandingan dan Perlombaan

  1. Bola Voli Putra dan Putri. Pertandingan ini mengambil konsep yang unik yakni hanya untuk yang terlibat hanya umat yang berusia lebih dari 40 tahun. Akan dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 17 September 2017, bertempat di pelataran parkir Gereja Katedral Ruteng, Flores.
  2. Catur Perorangan dan Beregu. Dilaksanakan di Aula Assumpta (aula lama). Babak penyisihan dimulai tanggal 18 September 2017 dan partai final akan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2017.
  3. Tarik Tambang Anak-anak, Putra dan Putri. Bertempat di pelataran parkir Gereja Katedral Ruteng, dilaksanakan mulai tanggal 3 sampati 17 September 2017. Tiap regu terdiri dari 15 orang peserta.

Lomba Tari Kreasi

Kegiatan ini akan melibatkan kelompok bapak-bapak dan ibu-ibu, dengan jumlah peserta per kelompok antara 15 sampai 20 orang. Para peserta wajib melatih dua jenis tarian yakni Mogi Kreasi untuk tari wajib dan satu line dance pilihan berdasarkan kreasi masing-masing kelompok. Lomba tari kreasi ini akan dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai tanggal 23 September 2017, bertempat di aula baru Katedral Ruteng.

Berdasarkan kesepakatan pada pertemuan panitia ulang tahun dan DPP Katedral Ruteng, setiap mata kegiatan melibatkan umat dari setiap wilayah di Paroki Katedral Ruteng dan menyertakan keterangan dari pengurus wilayah pada saat pendaftaran atau pelaksanaan kegiatan. Agenda pertandingan dan perlombaan berlangsung antarwilayah.

Meski demikian, khusus untuk catur perorangan, tidak diatur berdasarkan wilayah dan pada cabang ini peserta mengumpulkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-/orang. Catur perorangan ini menjadi satu-satunya mata lomba yang dipungut biaya pendaftaran. Cabang pertandingan dan perlombaan lain tidak dipungut biaya.

Hadiah

Seluruh kegiatan perlombaan dan pertandingan akan memperebutkan hadiah-hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam penghargaan. Di bagian akhir, jumlah perolehan kejuaraan akan diakumulasi per wilayah untuk mendapatkan juara umum yang berhak atas piala bergilir Paroki Katedral Ruteng.

Panitia dan DPP Katedral Ruteng, Flores berharap setiap wilayah mengutus tim untuk setiap kegiatan tersebut sekaligus terlibat aktif dan seluruh rangkaian kegiatan ulang tahun ke 97 Paroki Katedral Ruteng. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 21 Agustus dan akan ditutup pada tanggal 30 Agustus 2017 di sekretariat Paroki Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *