Umat Austria Kunjungi Katedral Ruteng

Misionaris asal Paroki Katedral Ruteng P. Severin Korsin, SVD yang bertugas di Austria, mengajak 11 umatnya mengunjungi Paroki Katedral Ruteng pada liburan musim panas tahun ini.

Umat Austria Kunjungi Katedral Ruteng

Penyambutan secara adat: Tuak Curu | Foto: Dok. DPP

Pater Severin Korsin, SVD dan rombongan tiba di Ruteng tanggal 1 Agustus 2014. Keesokan harinya, Sabtu (2/8) mereka mengunjungi Paroki Katedral Ruteng. Agenda ini sebelumnya telah disepakati bersama antara DPP Katedral dan Pater Very selaku koordinator rombongan. Di pelataran parkir katedral, rombongan diterima dalam nuansa adat Manggarai dengan adak tuak curu. Selanjutnya, mereka diarak oleh rombongan ronda dari Mbaru Gendang Waso menuju pendopo pastoran. Di sini, mereka diterima dengan adak manuk kapu.

Usai ritus adat tersebut, para tamu asal Austria tersebut diajak menyaksikan pertunjukan caci yang digelar di halaman pastoran. Pertunjukan caci oleh siswa-siswi SMK Swakarsa ini menarik perhatian mereka. Semua wisatawan termasuk Pater Very mengambil bagian dalam pertunjukan tersebut dengan melakukan ‘paki’.

Tinjau Aula Katedral

Setelah rangkaian pertunjukan caci, rombongan asal Austria ini diajak untuk meninjau lokasi pembangunan aula. Agenda ini dimaksudkan untuk menunjukkan jalannya pembangunan aula katedral. “Selama ini, kita juga mengajukan proposal pembangunan aula via Pater Very ke umat Austria. Pada kesempatan ini, sengaja mereka diajak melihat progres pembangunannya agar nanti sekembalinya ke Austria, mereka bisa ikut menggalang donasi dari umat di sana untuk melanjutkan pembangunan ini,” kata Ketua DPP Katedral Ruteng Erlan Yusran.

Seperti diketahui, beberapa waktu sebelumnya Panitia Pembangunan Aula memang mengirimkan proposal pembangunan aula melalui email ke Austria. Dalam kurun waktu tersebut sampai saat ini, Pater Very mengumpulkan sedikit demi sedikit uluran kasih umat Katolik di tempatnya berkarya untuk selanjutnya diserahkan ke panitia pembangunan aula Katedral Ruteng pada kunjungan kali ini. “Kami sudah kumpulkan, tidak seberapa memang tetapi dengan datang dari Austria kunjungi Katedral Ruteng dan ikut melihat prosesnya serta mendapat penjelasan dari panitia, mereka (anggota rombongan, red) bisa ikut bantu mencari saat mereka kembali ke Austria,” kata Pater Very, putra dari tokoh umat Katedral Ruteng Didhakus Boka.

Agenda lanjutan pada tanggal 2 Agustus tersebut adalah mengunjungi situs Liang Bua dan Kampung Adat Ruteng. Pada malam harinya, rombongan Austria ini dijamu dalam acara makan malam bersama di Paroki Katedral Ruteng. Pada kesempatan ini, mereka juga mendapat penjelasan tentang Paroki Katedral Ruteng serta rencana pembangunan aula. Hadir pada acara tersebut, Pastor Paroki Katedral Rm. Daniel Sulbadri, Pastor Kapelan Rm. Beben Gaguk, Ketua DPP Katedral, beberapa tokoh. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *