Umat Katolik Manggarai Dapat Salam dari Sri Paus

“Biji sesawi itu telah tumbuh menjadi pohon yang besar dalam kurun waktu 100 tahun. Saya sangat bersyukur bisa merayakan peristiwa ini bersama Umat Katolik di Keuskupan Ruteng,” demikian kata Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia | Foto: Kaka Ited

Mgr. Antonio Guido Filipazzi saat memberikan sambutan (foto: Kaka Ited)
Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan resmi pada Misa Agung peringatan Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai di Lapangan Motang Rua Ruteng, Minggu (21/10). Menurut Dubes Filipazzi, pertumbuhan Gereja Katolik Manggarai tidak boleh berhenti. Umat harus menimba semangat baru dengan nilai injili.
Peristiwa besar Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai juga mendapatkan perhatian besar dari tahta suci Vatikan. “Umat Katolik Manggarai dapat salam dari Sri Paus. Salam sejahtera dari Bapa Paus untuk Umat Katolik Manggarai,” kata Mgr. Filipazzi yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari belasan ribu Umat Katolik Manggarai yang mengikuti Misa Agung yang dipimpin oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng tersebut.
Sementara itu, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia KWI Mgr. Martinus Situmorang dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, Keuskupan Ruteng adalah kebanggaan Gereja Katolik Indonesia, terutama karena karyanya melalui para misionaris. Seperti diketahui, Keuskupan Ruteng adalah keuskupan dengan jumlah umat Katolik terbesar di Indonesia. Selain itu, wilayah ini juga telah mengirimkan ratusan misionaris ke berbagai daerah di Indonesia dan negara-negara lain.

Pemkab Tiga Kabupaten di Manggarai

Para Bupati Manggarai Raya bersama istri (foto: Kaka Ited)
Mengenai banyaknya misionaris yang dikirim dari Keuskupan Ruteng, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan wilayah ini tidak saja layak disebut sebagai serambi Roma sebagaimana disampaikan oleh Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng, tetapi juga Center Of Universe. “Harus diakui, di wilayah ini Gereja Katolik telah berpadu dengan indah dengan budaya asli Manggarai. Inkulturasi terjadi dengan sangat luar biasa. Pemerintah mengakui peran Gereja Katolik Manggarai sangat besar bagi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Undangan VIP Yubileum | Foto: Kaka Ited

Para Uskup dan Undangan VIP usai misa (foto: Kaka Ited)
Purnomo Yusgiantoro adalah salah satu menteri kabinet yang hadir dalam Pekan Puncak Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai. Selain Purnomo, Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi dan Dirjen Bimas Katolik Kementrian Agama RI Semara Duran Antonius, juga ikut dalam Misa Agung tersebut. Sementara itu para petinggi negara yang juga hadir dalam rangkaian pekan puncak adalah Menteri Pariwisata Mari Elka Pangestu, Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Wakil Menteri Agama Nazarudin Umar, Kapolri Timur Pradopo yang datang bersama rombongan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono. (bell)
Lihat juga: 
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *