Uskup Ruteng: Hormati Orang Lain

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng mengajak umat Katolik untuk mengisi tahun baru 2015 dengan lebih menghormati dan menghargai sesama. Hal tersebut disampaikannya dalam kotbah Misa Tahun Baru di Gereja Katedral Ruteng (1/1) jam 08.00 Wita.

Uskup Ruteng: Hormati Orang Lain

Saling Menghormati – Umat Katedral pada Misa Natal 2014 | Foto: Kaka Ited

Menurut Uskup Hubertus, jalan agar kita bisa menghormati dan menghargai orang lain adalah dengan menerima Tuhan. “Kita harus menerima Tuhan karena dengan itu kita menerima orang lain seperti teladan Bunda Maria,” jelasnya. Kepada seluruh umat yang hadir dalam perayaan tersebut, Uskup mengingatkan keberadaan manusia sebagai anak Allah dan karenanya di tahun yang baru ini umat hendaknya menghormati orang lain sebagai anak dan bukan sebagai hamba. Menurut Uskup: “Hormati orang lain. Tidak boleh meremehkan dan menghina orang lain. Menolak kekerasan dan perhambaan. Dengan memperlakukan orang sebagai anak kita akan mampu menunjukkan sikap yang baik karena anak adalah orang yang paling kita cintai, hargai dan cintai.”

Selain Misa Awal Tahun, perayaan ekaristi pada hari Kamis tersebut juga adalah peringatan hari ulang tahun Uskup Ruteng yang ke-55. Ketua Dewan Keuangan Paroki DKP Katedral Ruteng Inocentius Peni mewakili seluruh umat Katedral Ruteng mengucapkan selamat berbahagia kepada Uskup Ruteng atas usia yang baru tersebut. Dalam sambutannya di Gereja Katedral Ruteng, Inocentius Peni juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh umat Katedral Ruteng yang telah aktif dalam seluruh hidup menggereja sepanjang setahun terakhir. “Saya juga menyampaikan terimakasih kepada tim kerja Natal dan Tahun Baru kali ini yang telah bekerja dengan sangat baik untuk kelancaran perayaan kali ini. Terimakasih kepada para petugas liturgi yang telah melayani perayaan tahun ini, semoga mendapat berkat berlimpah dari Tuhan,” tambahnya.

Secara keseluruhan, perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 di Paroki Katedral Ruteng berlangsung lancar dan sukses. Umat yang hadir pada setiap misa dapat mengikuti perayaan dengan khidmat karena meski tidak mendapat tempat di dalam Gereja, umat tetap dapat mengikuti misa melalui layar lebar yang telah disiapkan tim kerja di tenda besar dengan 1.050 kursi yang dibangun di pelataran barat Gereja. Perayaan Natal tahun ini juga dimeriahkan dengan Pawai Natal bersama tujuh paroki sekota Ruteng pada tanggal 30 Desember 2014 dan Christmas Bazaar di Aula Baru Katedral Ruteng. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *