Uskup Ruteng: Jangan Takut

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng mengatakan umat tidak perlu cemas atau takut ketika sedang menghadapi sebuah masalah. Seberat apapun masalah tersebut, Tuhan senantiasa bersama umatNya. Hal tersebut disampaikan Uskup Ruteng saat memimpin Ibadat Jalan Salib Jumat Agung di Lapangan Motang Rua Ruteng, Jumat (3/4).

Uskup Ruteng: Jangan Takut

Lorang | Foto: Kaka Ited

Kepada ribuan umat dari tujuh Paroki se-kota Ruteng, Uskup Hubert mengatakan penderitaan Yesus di Jalan Salib adalah bukti nyata kecintaannya kepada manusia. “Yesus memikul penderitaan dan dosa kita sehingga kita mendapatkan penebusan,” katanya pada renungan singkat tersebut. Karena itu menurut Mgr. Hubertus, tidak seorangpun yang harus merasa takut dan merasa sendiri ketika menghadapi masalah atau pencobaan.

Seperti diketahui, Jalan Salib Jumat Agung di kota Ruteng selama beberapa tahun terakhir ini selalu dimulai di Lapangan Motang Rua. Secara bergiliran, tujuh paroki menjadi penanggungjawab kegiatan tersebut. Tahun ini, OMK dari Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong yang menjadi penanggungjawab, mengawalinya dengan adegan Yesus diadili dan disesah. Usai Ibadat pembukaan, Jalan Salib dilanjutkan dengan perarakan dari Lapangan Motang Rua ke paroki masing-masing. Seluruh umat mengenakan busana adat Manggarai dan sebagian besar mengenakan baju hitam.

Untuk Paroki Katedral Ruteng, perarakan jalan salib diikuti 2000-an umat dengan rute melalui wilayah barat Paroki mencakup wilayah Tebing Tinggi, Pasar Puni, Rowang (arah SMP – SMK St. Petrus), Waso Golo, Waso Bea, Konggang dan Wae Palo. Rute tersebut ditentukan berbeda dari tahun sebelumnya yang melewati jalur timur paroki.

Pada perhentian duabelas di pelataran parkir Gereja Katedral Ruteng, umat mengikuti pembacaan puisi dan ratapan yang dibawakan oleh OMK Lumen Gratiae Katedral Ruteng. Renya Bos membaca puisi “Jalan Salib” yang ditulis oleh Rm. Beben Gaguk, Pr dan dua anggota OMK lainnya yakni Eltin Damon dan Priska Reza menyanyikan ratapan “Pie Jesu” dan “Via Dolorosa”. Perhentian tigabelas dilakukan tepat di pelataran Gereja dan perhentian ke empatbelas di dalam Gereja Katedral Ruteng. Secara keseluruhan, Jalan Salib Jumat Agung di Paroki Katedral Ruteng tahun ini berjalan sesuai rencana. (adm)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *