Uskup Ruteng: Mari Bangun Kesadaran Ekologis

Uskup Ruteng Mgr. Hubertus Leteng menghimbau seluruh umat agar membangun kesadaran ekologis tentang pentingnya pelestarian hutan untuk mejaga sumber mata air. Himbauan tersebut disampaikannya dalam setiap kesempatan, baik melalui mimbar kotbah maupun pengumuman-pengumuman melalui berbagai media.

Yubileum

Mgr. Hubert bersama umat dalam Ziarah Salib (26/9) (foto: Kaka Ited)
Dalam momentum peringatan 100 tahun Gereja Katolik Manggarai, Mgr. Hubert mengajak dan menghimbau seluruh umat agar mau terlibat aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan pekan puncak Yubileum dari tanggal 17 – 21 Oktober 2012, mulai dari kegiatan ibadat Ekologis dan penanaman pohon beringin di Golo Lusang pada tanggal 17 Oktober 2012 jam 08.00 WITA. “Kegiatan ini hendak membangun kesadaran Ekologis dari kita semua akan pentingnya pelestarian hutan di wilayah manapun di Manggarai Raya ini sebagai sumber hidup, khususnya mata air yang amat vital bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di atas bumi ini. Mari bangun kesadaran ekologis,” papar Mgr. Hubert.
Uskup Hubert bersama seluruh umat juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa untuk perkembangan Gereja Katolik Manggarai sejak benih iman itu tumbuh di Reo dengan dibaptisnya 5 orang Katolik pertama. “Kami juga mengucapkan terima kasih kami kepada para seniman lokal khususnya kepada mereka-mereka yang telah menciptakan lagu rohani Manggarai seperti yang ada di buku Dere Serani yang sedang kita pakai sekarang ini,” kata Mgr. Hubert.

Art work: Armin Bell

Dalam satu abad ini, Gereja Katolik Keuskupan Ruteng telah memiliki jumlah umat sebanyak 755.208 jiwa, tersebar di 80 paroki dan berkarya secara nyata di 2.500 komunitas umat basis (KUB) dan dilayani oleh 227 imam dari pelbagai ordo dan tarekat. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *