Weekend OMK Lumen Gratiae, dari Sok sampai Kisol

Orang Muda Katolik (OMK) Lumen Gratiae Paroki Katedral Ruteng hari Sabtu dan Minggu, 10 & 11 Agustus kembali menggelar kegiatan di luar Paroki. Kali ini yang dipilih adalah Rumah Komunitas Claretian Paroki Sok Borong. Seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan dengan nama Weekend OMK ini juga bertujuan menjaring anggota baru.

Sesi Pacaran yang Sehat (foto: Novent Erlan)

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 80-an peserta, baik anggota aktif maupun anggota baru. Tiga orang pendamping ikut bersama mereka, yakni moderator OMK Rm. Beben Gaguk Pr, Ketua Komisi Kepemudaan Katedral Ruteng Imelda Agus dan seorang lagi Armin Bell. Di Sok, beberapa kegiatan dilaksanakan seperti temu akrab atau perkenalan serta sharing.

Pada sesi materi, anggota OMK Lumen Gratiae mendapatkan informasi seputar membangun relasi yang sehat dengan pacar. Menurut Romo Beben, “Tema ini sengaja diusung sebagai bentuk perhatian dan pembinaan pada generasi muda Katolik.” Dalam sharing, pembina OMK Armin Bell membagi empat hal yang bisa dipakai sebagai alat ukur sehat tidaknya hubungan pacaran. “Ada empat hal yang bisa kita pakai, yakni kenyamanan psikologis, sosial, ekonomi dan kesehatan. Hubungan yang baik mestilah memperhatikan aspek-aspek itu,” tuturnya.

Secara psikologi menurutnya, pacaran yang sehat itu bisa diukur dengan seberapa sering kita tersenyum bahagia karena pacar kita. Kalau jumlah senyuman lebih banyak daripada galau atau tangisan, maka itu adalah hubungan yang sehat. Tetapi jika berimbang, maka itu adalah gejalan hubungan yang tidak sehat. Tambahnya, jika sudah demikian maka perlu usaha untuk memperbaiki dan jika tidak berhasil maka bisa dihentikan. “Jangan bertahan pada hubungan yang dibangun dalam relasi yang tidak seimbang, misalnya si pria lebih dominan atau sebaliknya,” pungkasnya.

Tentang kesehatan, pada bagian selanjutnya Romo Beben memaparkan data tentang bahaya hubungan yang tidak sehat bagi remaja. “Hubungan seks di luar nikah akan memicu banyak penyakit, seperti PMS (Penyakit Menular Seksual) dan terutama kondisi kejiwaan,” jelasnya. Karenanya diharapkan agar anggota OMK menunjukkan kekhasan Katolik dan membangun relasi dengan pacar.

Pada hari Minggu, 11 Agustus 2013 Paduan Suara OMK Lumen Gratiae menanggung liturgi Pesta Maria Diangkat Ke Surga di Gereja Paroki Sok. Setelahnya kegiatan Weekend OMK dilanjutkan dengan mengunjungi Seminari Pius XII Kisol. Di tempat ini, kesebelasan OMK Lumen Gratiae beradu kemampuan olah bola dengan tim Seminari Kisol. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 3 – 3. (*/ad)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *