WKRI Paroki Katedral Ruteng Dilantik, Ini Susunan Pengurusnya

Kelompok kategorial WKRI atau Wanita Katolik Republik Indonesia Cabang Paroki St. Maria Assumpta – St. Yosef Katedral Ruteng telah terbentuk. WKRI DPC Katedral Ruteng ini dilantik pada hari Minggu, 18 Februari 2018.

Foto oleh Frans Joseph, Ruteng a.k.a Kaka Ited

Pelantikan WKRI Katedral Ruteng dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Perayaan Ekaristi hari Minggu (misa kedua) yang dipimpin oleh Sekjen Keuskupan Ruteng, Rm. Dr. Manfred Habur, Pr. Sebelumnya, Romo Manfred juga menjadi pemateri seminar bertema “WKRI dalam Hidup Berbangsa, Bernegara dan Bergereja” yang dilaksanakan pada hari Jumat (16/2) dalam rangkaian pembentukan WKRI Katedral Ruteng.

Pengurus WKRI DPC Paroki Katedral Ruteng dilantik oleh Ketua DPD WKRI Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ursula Dando Lio. Dalam sambutannya Ursula mengatakan bahwa WKRI tibentuk untuk ikut berperan dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin. “WKRI juga harus mengimplementasi ajaran sosial gereja dengan semangat cinta kasih,” jelasnya.

Ditambahkannya, WKRI akan terus melakukan pengembangan organisasi di setiap Paroki dalam wilayah Keuskupan Ruteng dan lima keuskupan lain di wilayah kerja DPD Nusa Tenggara Timur. “WKRI ikut berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan memperjuangkan kesetaraan gender,” papar Ursula yang sehari sebelumnya telah melakukan tatap muka dengan pengurus DPC Katedral Ruteng dan memaparkan tentang WKRI serta fungsi strukturalnya kepada para pengurus terpilih.

Baca juga: Sejarah Gereja Katedral Ruteng

Sementara itu, Ketua WKRI DPC Katedral Ruteng Yosephine Christianie dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua WKRI DPD NTT, Pastor Paroki Katedral Ruteng dan DPP yang telah mendukung terbentuknya organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia di Paroki Katedral Ruteng. Beberapa program kerja juga dipaparkannya pada kesempatan tersebut. “Pengurus DPC yang dilantik hari ini telah bersepakat untuk melaksanakan hasil kongres tahun 2013, yakni peningkatan kualitas organisasi, ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan yang berpihak pada sumber-sumber lokal,” jelasnya.

Agenda kerja lainnya adalah peningkatan tumbuh kembang generasi bangsa melalui pendidikan berkelanjutan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Kita berupaya menurunkan angka kematian Ibu dan Anak serta mencegah berkembangnya penyakit menular dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu adalah pendidikan politik,” papar Ketua WKRI yang juga adalah Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, KB dan Perlindungan Anak Kabupaten Manggarai.

Susunan Kepengurusan WKRI DPC Paroki Katedral Ruteng

Ketua: Yosephine Chritianie
Wakil Ketua: Petronela Nori Woda
Sekretaris: Yacinta Aldina Jelina
Bendahara: Jeanne Gampu
Wakil Bendahara: Lusia Hildegardis Sukacita

Bidang Organisasi
Ketua: Dorotea Bohas
Wakil Ketua: Gradiana Asri Riberu
Anggota: Imelda Agus, Bergita Susanto, Imelda Indah, Mince Wolos, Maria Fatima Nahas, Susana Nura, Yustina Sala, Lusia Luju, Wilhelmina Nunur, Stelawes H. Wangge, Rofina Leni.

Bidang Kesejahteraan
Ketua: Inocensia Hesty Ngajang
Wakil Ketua: Maria Goreti Nahas
Anggota: Regina Levita, Sisilia Samut Riberu, Sara V. Neno Baaf, Fransiska E. W. Dapi, Redempta Eny, Dionesta Mariai Manggut, Wilhelmina Sebatu, Maria Acik Nomor, Maria Virgo, Getrudis G. da Lopez, Ernesta Heni, Reynaldis S. Akam, Mensi Anita Taek, Albina Ginut, Agnes Karolina Wandur, Emirensiana Pamput, Yohana Lamur.

Bidang Kependidikan
Ketua: Fransiska Bangkur
Wakil Ketua: Minat Kornelia
Anggota: Maria Magdalena Ngare, Maria Iman Husen, Apolonia Diana, Pelang Adriana Hejon, Rufina Ripan, Paulina Pipir, Jamia Yasinta, Mince Wolos, Paula Mbaut, Maria Karolina, Beata Parera

Bidang Humas
Ketua: Christina Br. Tarigan
Wakil Ketua: Katarina Tri Astuty Djelahu
Anggota: Lila Jehaun, Angela Nurhayati Jebarut, Yoseva Silalahi, Theodora Konga, Maria Theresia Pelealu Lajar, Diana Helmon, Maria Goreti Adutijaya, Bernadetha Y. Lajar, Novtenya Chores, Florensia Yovita Semana, Maria Du Ibu Yohana Lamur, Maria Meliana Tima, Reyna Hamboer, Flora Danus.

Bidang Usaha
Ketua: Tuti Jarut
Wakil Ketua: Maria Marisa Embun
Anggota: Agnes R. Daiman Kuwang, Wilhelmina Mitang, Anggrenny Florensia, Lidwina Udur, Theresia Juita, Margareta Utomo, Rosemeri Br. Tarigan, Alfonsa Maria Lamut, Leny Suhardi, Margareta Mangur, Adel Cembes Lama, Yustina Djegaut, Yosefina Mamur, Rofina Leni Buga, Valentina Idam, Siti Maria Jue, Edelburga Mul, Ance Maria Bora Tulung, Yasinta Vera Wangary.

(*/max)

Ed: Armin Bell

Ikuti kami di laman facebook: Katedral Ruteng

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *