Yubileum: Kunjungan Presiden dan Perubahan Agenda

Sabtu 13 Oktober 2012, Panitia Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai, mengeluarkan pengumuman tentang informasi kedatangan presiden dan perubahan acara/kegiatan Yubileum. Dalam pengumuman tersebut diberitahukan bahwa berdasarkan informasi terakhir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diperkirakan tiba di Ruteng pada hari Kamis, 18 Oktober 2012 pukul 16.00 WITA
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (foto dari: forumkeadilan.com)

Pada hari pertama, Presiden akan mengadakan sejumlah kegiatan seperti penanaman pohon dan penandatanganan monumen Yubileum di Gereja Katedral Ruteng setelah diterima secara ada di rumah jabatan bupati. Selain itu, Presiden juga dijadwalkan bertemu dengan tokoh-tokoh pemerintah dan agama di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai mulai jam 19.00 WITA. Pada hari Jumat (19/10) jam 07.00 WITA, Presiden akan memberikan ceramah umum di hadapan Umat Keuskupan Ruteng. Kedatangan Presiden RI disebut sebagai bentuk apresiasi dan rasa hormatnya atas sumbangsih Gereja Katolik Manggarai bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan bertanah air Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Panitia Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai mengharapkan agar umat atau masyarakat Manggarai tidak memanfaatkan agenda kegiatan Panitia untuk tujuan politis apapun, baik bentuk demonstrasi, pengerahan, perhimpunan, pengumpulan massa atau kelompok atau perorang yang berpotensi menciptakan ketidakamanan dan distabilitas lingkungan kota Ruteng dan sekitarnya. Sementara itu, terkait ceramah Presiden, Panitia meminta Pastor Paroki, Ketua STKIP, STIPAS dan para Kepala Sekolah untuk menghimbau dan mengajak segenap warganya menghadiri kegiatan tersebut.
Kedatangan Presiden RI pada rangkaian kegiatan pekan puncak Yubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai, membuat panitia terpaksa mengatur ulang jadwal kegiatan yang telah dirancang. Beberapa kegiatan yang berubah yakni: Kegiatan Jalan Sehat dan Pertandingan Persahabatan Yubileum yang dijadwalkan tanggal 18 Oktober terpaksa ditiadakan, sehubungan dengan upaya sterilisasi kota oleh PASPAMRES. Selain itu, Misa Yubileum Kaum Muda yang sedianya dilaksanakan pada pukul 16.30 WITA (18/10) di Gereja Kristus Raja Mbaumuku, dimajukan ke pukul 08.00 WITA di tempat yang sama. Sedangkan Seminar Yubileum pada Jumat (19/10) ditunda dari jam 08.00 WITA ke jam 10.00 WITA.
Dalam pengumuman bernomor: 168/PY/X/2012 tersebut, Panitia menghimbau seluruh umat untuk berpartisipasi menjaga stabilitas keamanan di lingkungan masing-masing. Sementara jika karena satu dan lain Presiden tidak dapat hadir, maka acara yang telah dirancang oleh panitia tetap berlaku sebagaimana disepakati. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Panitia, Rm. Laurens Sopang Pr. (bell)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

2 gagasan untuk “Yubileum: Kunjungan Presiden dan Perubahan Agenda

  1. TERIMAH KASIH PANITIA PELAKSANAAN YUBILIUM 100 TAHUN GEREJA KATOLIK MANGGARAI…YANG TELAH MENGUNDANG BPK PRESIDEN BESERTA IBU NEGARA….YANG MELUANGKAN WAKTUNYA UNTUK DATANG KE MANGGARAI NTT.SEMOGA PAK SBY N IBU ANI MEMBUKA MATA HATINYA UNTUK MELIHAT KONDISI PEREKONOMIAN KHUSUSNYA,,KAB.MANGGARAI TENGAH..SAYA ATAS NAMA PRIBADI: ELIAS DANUSI MENGUCAPKAN TERIMAH KASIH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *